People Innovation Excellence

Regulation SCDC 2016

Perjanjian Kerjasama / MoA & MoU

Pembina : Ms. Aulia Nur Rachmi, S.H.

Memorandum of Understanding

(Nota Kesepahaman)

  1. Suatu pernyataan tertulis yang menjabarkan pemahaman awal pihak yang berencana untuk masuk kedalam kontrak atau perjanjian lainnya, suatu tulisan tanpa komitmen/ tidak menjanjikan suatu apapun sebagai awal untuk kesepakatan. Suatu MoU tidak dimaksudkan untuk mengikat dan tidak menghalangi pihak dari tawar – menawar dengan pihak ketiga”.
  2. Perjanjian pendahuluan, yang berarti akan diikuti dan dijabarkan dalam perjanjian lain yang mengatur secara detail, karena itu, MoU berisikan hal –hal yang bersifat pokok saja.
  3. Suatu perjanjian perjanjian pendahuluan, dalam arti akan diikuti oleh perjanjian lainnya.
  4. MoU hanyalah merupakan pendahuluan kesepakatan saja. MoU dibuat dengan tujuan menjadi dasar dari suatu pendahuluan kesepakatan. Misalkan setelah rapat antara para pihak, maka para pihak membuat MoU yang berisikan kesepakatan untuk menjalin kerjasama.
  5. Isi dari MoU hanya memuat hal-hal yang bersifat umum saja, tidak bersifat spesifik. Dalam MoU tidak terdapat harga kontrak, hak dan kewajiban para pihak, dan hal-hal lain yang bersifat spesifik.
  6. MoU dibuat untuk jangka waktu tertentu.
  7. Pada MoU tidak ada kewajiban yang sifatnya memaksa.

 

Memorandum of Agreement

(Nota Perjanjian / Surat Perjanjian)

  1. Berdasarkan Pasal 1313 KUHPerdata, perjanjian adalah suatu perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang atau lebih. Perjanjian berlaku sebagai undang-undang bagi para pihak yang membuatnya, yang saling mengikatkan diri serta mengakibatkan timbulnya suatu hubungan antara dua pihak tersebut yang dinamakan perikatan. Perikatan adalah hubungan hukum antara dua pihak di dalam harta kekayaan, dimana pihak yang satu (kreditur) berhak atas prestasi dan pihak yang lain (debitur) berkewajiban memenuhi prestasi. Perikatan tersebut menimbulkan suatu hak dan kewajiban dipihak lain.
  2. Memorandum of Agreement adalah pernyataan atau perjanjian tertulis yang menjabarkan secara mendetail hak-hak dan kewajiban-kewajiban setiap pihak, dibuat untuk melaksanakan kerjasama yang telah jelas dan nyata bentuk serta waktu pelaksanaanya dan untuk membuat perjanjian secara lisan menjadi terdapat bukti nyatanya.

 

PERBEDAAN DASAR MoU dan MoA

No MoU MoA
1 Perjanjian pendahuluan (untuk kerjasama yang masih direncanakan) Perjanjian final (untuk kerjasama yang akan segera dilaksanakan)
2 Berisi hal-hal pokoknya saja: Pernyataan-pernyataan niat untuk bekerjasama di masa yang akan datang, bentuk kerjasama, masa berlakunya MoU, dan ketentuan pembuatan perjanjian kerjasama lebih lanjut.

 

Berisikan hal-hak detail;

Kegiatan, bentuk kerjasama, hak dan kewajiban para pihak, ketentuan cidera janji, penyelesaian perselisihan, dll.

3 Konsekuensi tidak dilaksanakannya MoU bersifat sanksi moral. Konsekuensi tidak dilaksanakannya MoA merupakan cidera janji (wanprestasi) yang dapat memungkinkan terkena sanksi hokum.
4

 

 

Tidak ada kewajiban bahwa niat untuk bekerjasama di masa yang akan datang harus dilaksanakan. Ada kewajiban yang bersifat memaksa kepada para pihak untuk melakukan kewajiban dan kontraprestasi yang tertulis pada Perjanjian

 

PERJANJIAN KERJASAMA INTERNAL

Format-Perjanjian-Kerjasama

 

 

For More Information :

Ms. Aulia Nur Rachmi, S.H.
Regulation Officer
Student Creativity Development Center

Office Hours :
Mon – Fri, 10.00 – 17.00

Binus University
Jl. K. H. Syahdan No. 9, Kemanggisan, Palmerah Jakarta 11480 Indonesia
Phone +62 21 534 5830, +62 21 536 96926


Last updated :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close