People Innovation Excellence
 

SIAPA PENGUASA HATI KITA?

Johanes Christop

Sumber Gambar : http://www.uidownload.com/files/619/217/66/glass-crowned-heart.jpg.

Siapa penguasa hati kita tergantung dari apa yang paling kita cinta, percaya, dan taati.

Didalam Lukas 19:6 Pernahkah kita bertanya-tanya kenapa Zakheus rela dibenci oleh komunitas sekitarnya untuk menjadi pemungut cukai? Israel pada zaman itu dijajah oleh orang romawi dan pajak yang dibebankan pada Israel yang membuat bangsa Israel semakin miskin. Coba kita bayangkan emosi masyarakat sekitar ketika ada orang yang sebangsa dan mau bekerja untuk orang yang menjajanya. Simple-nya, uang mungkin jadi alasan Zakheus untuk jadi pemungut cukai, tapi coba lihat apa yang diharapkan Zakheus dibalik uang yang dia dapatkan? Kepastian, rasa aman, kenyamanan, selamat. Goodnews-nya perjumpaan pribadinya dengan Kristus memberikan jawaban lebih dari yang ia  kejar dan harapkan didalam hatinya.

Zakheus kaya raya, tapi tidak bahagia, karena William J. mengatakan bahwa hasrat yang terpendam dalam sanubari manusia adlaah dicintai dan diterima oleh sesamanya, sedangkan Zakheus ditolak.  Pembunuh, pezinah dan pemungut cukai adalah 3 kelompok yang dibenci masyarakat, tapi pemungut cukai adalah yang terburuk, dan paling ditolak oleh orang – orang di sekitarnya. Tuhan Yesus datang mencintai dan menerima dia.

Anugerah Keselamatan buat Zakheus mampu memberi hatinya utuh buat Tuhan dan bukan lagi kepada berhala didalam dirinya. Zakheus mengalami perubahan hidup yang radikal dalam hidupnya. Dalam Lukas 19:8-10 (1) Setengah miliknya akan diberikan pada orang miskin (2) Dia kembalikan 4x lipat dari yang diperas, padahal hukum Taurat itu biasa ditambah 1/5 bagian yang diperas. Dampaknya Zakheus tidak hanya mampu baik secara moral umum tetapi melampaui itu, ia melakukan yang berkenan kepada Tuhan.

Tanpa sadar, mungkin kita sering ada diposisi Zakheus, tanyakan kembali apa yang kita kejar dibalik uang, pacar, prestasi, hobi, bahkan aktivitas yang kesannya rohani sekalipun. Mungkinkah ada berhala batin dalam hati kita di atas berhala lahiriah yang kelihatan?

Memberhalakan bukan sekedar mencintai sesuatu, tetapi terlalu khawatir bila kehilangan sampai identitas diri kita ditentukan oleh hal itu.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

 http://persekutuan-gii.blogspot.co.id/2011/08/dia-mencarimu-lukas-191-10.html

Keller Timothy. 2011.  Counterfeit Gods: When the Empty Promises of Love, Money, and Power Let You Down.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close