People Innovation Excellence

RALLY PHOTOGRAPHY

Pernah mendengar tentang Rally Photography dalam sebuah kompetisi fotografi sebelumnya? Rally sendiri didapat dalam bahasa inggris yang artinya memadukan atau mengumpulkan. Rally Photography adalah sebuah ajang kompetisi fotografi dimana setiap fotografernya harus mengambil lebih dari satu gambar berantai, yang memiliki arti dan pesan berhubungan satu sama lain. Rally Photography memiliki dua jenis, ada yang topiknya telah ditentukan, ada juga yang topiknya dibuat sendiri oleh sang fotografer. Berikut adalah saran dan jenis penilaian dalam sebuah kompetisi Rally Photography:

 

Cerita di dalam setiap foto yang saling berhubungan

Juri biasanya akan menilai lebih cerita atau makna dari kumpulan foto, bukan dari kualitas setiap fotonya. Misal di dalam lima foto, sang fotografer mengikuti seorang pemulung sampah di beberapa tempat yang berbeda. Fotografer mengamati aktivitas yang dilakukan pemulung tersebut, seperti ketika ia sedang memungut sampah, rehat sejenak, raut wajahnya, atau pakaian yang ia kenakan pada saat itu. 

Tipe Rally Photo yang menggunakan sistem pertanyaan

Rally Photo dapat didominasi jenisnya, tergantung panitia perlombaan tersebut. Jika Rally Photo menggunakan sistem pertanyaan yang akan dijawab melalui foto dalam rentang waktu tertentu, tentu sang photographer harus siap dengan settingan di dalam kameranya. One shot, one kill. Ketepatan jawaban foto yang menjadi hasil penilaiannya dan biasanya, peserta akan dilarang dengan tegas menghapus fotonya sebelum fotonya dinilai. 5 contoh foto, Rally Photography dengan sistem pertanyaan dan penilaiannya:

  1. Abadikanlah diri Anda sendiri, 1/4 badan dan jangan lupa lengkap dan jelas segala atributnya ..

*BENAR – Foto diri, lengkap dengan kamera & nametag*

  1. Si Pelaku sering dikejar-kejar aparat, kadang-kadang seperti main kucing-kucingan, jika sudah lalai dan sial, dapat menjadi miskin. Abadikanlah ..

*BENAR – Judi sabung ayam*

  1. Sekuat-kuatnya dan besarnya seekor gajah, dapat dikalahkan oleh semut-semut. Abadikanlah Si Kecil ini, tapi kali ini semutnya raksasa lho ..

*BENAR – Marabunta, Gedung Multiguna*

 

  1. Abadikanlah sebuah kendaraan yang sangat unik dan langka yang pernah dinaiki RI 1 zaman dahulu, lengkap dengan calon penumpangnya ..

*BENAR – Foto mobil Bung Karno, dengan ‘calon penumpang’-nya*

  1. Merupakan salah satu ciri-ciri bangunan kuno Kota Semarang, banyak digunakan untuk promosi pariwisata Kota Semarang ..

*SALAH – Seharusnya Gereja Blenduk*

*interpretasi saya, Lawang Sewu lebih sering digunakan sebagai icon pariwisata Kota Semarang,
termasuk kategori bangunan kuno juga, walaupun tidak terletak di kawasan Kota Lama*

Source: http://www.noerazhka.com/2012/10/13/mengenal-kota-lama-lewat-rally-photo/

Kredit foto: Noerazhka


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close