People Innovation Excellence

TEKNIK FOTO SPLIT UNDERWATER 

Contoh foto split underwater (kredit : exposure guide) 

Salah satu tren fotografi yang kini tengah digandrungi para travellers saat berlibur, terutama di wilayah pantai adalah split underwater. Istilah split underwater merujuk pada gaya fotografi yang menampilkan dua alam berbeda dalam satu gambar. Biasanya, bagian atas foto merupakan gambar di atas permukaan air, sedangkan bagian bawah menampilkan kondisi bawah air tersebut. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya memerlukan pengaturan yang cukup cermat pada kamera yang digunakan. Beruntung, foto berkualitas juga dapat dihasilkan dengan memanfaatkan action camera. 

Sebelum memulainya, kita perlu menyiapkan perlengkapan foto terlebih dulu. Selain action cam, diperlukan perlengkapan lain, seperti anti fog, camera dome untuk action cam, camera handle, dan underwater housing. Caranya adalah sebagai berikut. 

  1. Sebelum memasukkan action cam ke air, tes terlebih dulu dengan menyematkan tisu ke housing. Hal ini dilakukan untuk memastikan air tak dapat masuk ke housing. 
  2. Setelah itu, masukkan action cam ke dalam air untuk menyesuaikan dengan suhu yang ada. Cara ini juga dilakukan untuk mencegah kabut terbentuk lebih awal. Jangan lupa masukkan anti fog berbentuk kapas tipis untuk mengurangi embun 
  3. Sebaiknya, lakukan uji coba atau latihan terlebih dulu di kolam renang biasa sebelum memutuskan membawanya ke laut. 
  4. Pakai sabun air agar bintik-bintik air tak menempel di dome. 
  5. Saat mengambil gambar, letakkan dome setengah berada di bawah permukaan air dan setengah lainnya di atas permukaan air. 
  6. Jepret obyek foto dengan modus burst camera saat berada dalam air. Untuk hasil maksimal, waktu terbaik untuk mengambil gambar adalah saat matahari sudah beranjak naik. 

Selamat mencoba. 

Source: tekno.liputan6.com 

Artikel asli: http://tekno.liputan6.com/read/3044009/langkah-mudah-membuat-foto-split- underwater


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close