People Innovation Excellence

Composition – Simplification

Hai KLIFONERS! Pernahkah kalian mendengar istilah Simplification? Jika belum, kami akan menjelaskan Simplification atau jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi Penyederhanaan/Simplifikasi. Simplifikasi merupakan salah satu aturan komposisi yang sederhana tetapi sulit. Perlu digarisbawahi biarpun kita menyebutnya aturan, tetapi kalian tidak perlu mengikutinya terus-menerus karena aturan komposisi hanyalah sebuah petunjuk untuk memperindah foto kalian!

Apa itu Simplification?

Simplification adalah teknik untuk mereduksi sebuah komposisi menjadi hanya elemen yang paling penting yang mendukung secara visual. Teknik ini secara khusus sulit untuk fotografer. Jika segala hal di studio dikontrol, berbeda dengan street photography, improvisasi dan situasi pemotretan tanpa persiapan, sangatlah mustahil mengontrol apa yang dalam bingkai yang tidak mendukung komposisi. Fotografi landscape, arsitektur, dan interior juga memiliki tantangan terhadap elemen yang tidak penting.

Simplifikasi memunculkan sebuah tantangan untuk mengurangi dampak dari subjek asing. Ini melibatkan reframing, penggantian sudut pandang, mendekati atau menjauhi objek (untuk mengurangi proporsi), fokus, dan teknik lain yang membawa elemen penting ke foto.

Perlu dicatat bahwa simplifikasi menyiratkan minimalisme. Selama ini merupakan bagian terpenting dari minimalisme, ini tidak hanya terbatas pada gaya visual itu. Ini hanya berarti menyusutkan banyak elemen menjadi hanya elemen penting.

Sumber Foto : http://www.phiphotos.com/rule-of-simplification/

Kapan Simplification Diterapkan?

Kapanpun selama kamu memotret sebuah foto yang memiliki objek utama. Karena dalam simplifikasi umumnya hanya satu objek utama yang akan menjadi ‘highlight’ dari foto kamu. Sebisa mungkin juga background yang ada di foto kamu tidak menarik perhatian sehingga foto kamu terlihat sederhana.

Bagaimana Membuat Komposisi Simplification?

Simplifikasi mudah didapatkan jika kamu ingin melakukan recompose pada foto kamu dengan cara :

  1. Mengubah sudut pandang

Diambil dari sudut pandang sejajar mata (atas) dan diambil dari sudut pandang dibawah mata  (bawah).

  1. Zoom in atau zoom out

Rumput dan pohon menganggu foto sebelum di zoom (kiri) dan perhatian tertuju ke muka sesudah di zoom (kanan).

  1. Gunakan shallow depth of field

Hanya objek utama yang terlihat jelas di foto.

Kesimpulan

Komposisi simplifikasi mudah didapatkan jika kita mengambil foto dalam studio, tetapi cukup menjebak jika di luar studio karena objek yang tidak penting juga ada di dalam foto. Oleh karena itu, kita sebagai fotografer perlu mengeluarkan ‘effort’ lebih dalam merangkai foto ini. Tidak ada salahnya bukan melakukan hal lebih untuk mendapatkan foto yang diinginkan dan hal-hal yang belum pernah kamu temui?

 

Dikutip dari :

http://www.ultimate-photo-tips.com/photography-rules-of-composition.html

http://compositionstudy.com/simplification/

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close