People Innovation Excellence

BERKENALAN DENGAN NICHE MARKET

Hello IMers!

Hari ini kita ingin membahas tentang apa itu Niche Market dan apa manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan Niche Marketing.

niche market

                Niche Market (baca: nis atau nic) adalah pasar yang yang sangat fokus terhadap suatu jenis atau layanan tertentu. Akan lebih mudah bagi saya untuk menjelaskannya via contoh. Salah satu produsen printer kenamaan: HP, memproduksi produk printer all-in-one yang mereka tujukan untuk pebisnis rumahan, freelancer, atau UKM. Produk ini memang di desain HANYA untuk memenuhi kriteria pasar tersebut. Penggunaannya mudah, harganya murah, hemat listrik, dan tidak bisa mem-print dalam jumlah besar. Beberapa tipe bahkan hanya bisa mem-print dengan warna hitam saja. Walaupun fungsinya terbatas, namun terbukti target pasar yang mereka tuju memang hanya membutuhkan fitur-fitur tersebut.

Internet memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar dengan minat yang sangat spesifik di berbagai lokasi di dunia. Kumpulan dari pasar-pasar kecil ini, bisa menjadi sebuah pasar besar yang sangat potensial untuk bisnis Anda. Bagaimana Anda bisa mulai memasarkan untuk niche market?  Anda bisa memulai dengan melakukan perubahan-perubahan berikut ini ke bisnis Anda.

  1. Temukan Niche Market Yang Potensial

Anda dapat mulai melakukan riset apa produk atau jasa yang sudah Anda jual sekarang yang memiliki pasar niche yang potensial. Cara paling mudah adalah dengan bergabung ke forum, milis, atau Facebook Groups yang dibangun berdasarkan minat yang sama. Misalnya komunitas gamer, komunitas freelancer, komunitas blogger, dll. Pelajari bagaimana cara mereka berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

 

Namun tidak semua niche market potensial memiliki komunitas yang aktif di internet. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan dengan meriset kata kunci atau riset pasar melalui Twitter untuk mengetahui tingkat permintaan suatu produk atau layanan dalam sebuah niche.

  1. Tawarkan Produk Sesuai Dengan Kebutuhan Niche Market Yang Unik

Walaupun karakteristik niche market berbeda-beda, benang merah yang menyatukannya selalu satu kata: keunikan. Biasanya niche market terdiri dari orang-orang yang memiliki permintaan yang sangat spesifik terhadap suatu produk. Mereka tidak mencari laptop, mereka mencari gaming laptop. Mereka tidak mencari sepatu wanita, mereka mencari sepatu wedges berdasarkan tingginya. Merka tidak mencari kucing peliharaan, mereka mencari kucing Persia dari Turki dengan usia 4 bulan. Semua permintaan selalu spesifik, selalu unik. Jangan menawarkan produk yang umum, yang mudah dijumpai ke pasar yang niche. Mereka adalah orang-orang yang serba tahu mengenai apapun yang sesuai dengan minat mereka.

  1. Ubah Cara Anda Berkomunikasi

Untuk menjangkau pasar yang niche Anda bisa mulai dari merubah cara Anda berkomunikasi kepada pelanggan. Misalnya saat ini Anda menjual sepatu, Anda harus mulai mendefinisikan produk Anda lebih detail. Sebagai contoh: “Toko ABC, Menjual Segala Jenis Sepatu Wanita,” menjadi: “Toko ABC Menjual Segala Jenis Sepatu Wedges.” Dengan begini pasar yang yang terjaring ke toko online Anda kemungkinan adalah niche yang Anda tuju. Atau Anda dapat memulai perubahan kecil dengan menggunakan kata kunci yang spesifik untuk toko online Anda. Optimalkan SEO toko online dan produk Anda untuk pasar niche. Gunakan kata kunci yang panjang dan detail untuk mendeskripsikan produk Anda. Daripada “laptop murah” pertimbangkan “laptop game lengkap dengan aksesoris.”

  1. Jadilah Pakar Di Tengah Niche Anda

Salah satu daya tarik niche market adalah mereka selalu haus akan informasi apapun mengenai apa yang menjadi minat mereka. Buatlah blog yang memberikan informasi yang mereka butuhan. Jadilah sumber informasi terdepan. Niche market menyenangi opini pakar yang sangat menguasai bidangnya dan akan rela mengunjungi blog dan toko online Anda berkali-kali. Ingat di dunia internet dan social media, pasar tidak berinteraksi dengan brand, namun orang dibelakang brand tersebut

  1. Rawat Komunitas Anda

Niche market hampir pasti membentuk komunitas tersendiri, jikapun belum ada, mereka akan membentuknya karena kesamaan minat tersebut. Rawatlah komunitas tersebut, jangan hanya berorientasi profit. Komunitas adalah investasi jangka panjang. Komunitas akan banyak sekali  membantu Anda kedepannya. Merekalah brand ambassador Anda yang tulus dan selalu membela Anda dibelakang. Jangan korbankan semuanya demi keuntungan sesaat.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah berhasil menjaring niche market?

Source: https://hot.yukbisnis.com/niche-market/                                                Editor: Matthew


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Hello there,

    My name is Aly and I would like to know if you would have any interest to have your website here at binus.ac.id promoted as a resource on our blog alychidesign.com ?

    We are in the midst of updating our broken link resources to include current and up to date resources for our readers. Our resource links are manually approved allowing us to mark a link as a do-follow link as well
    .
    If you may be interested please in being included as a resource on our blog, please let me know.

    Thanks,
    Aly

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close