People Innovation Excellence
 

Perbedaan Sistem Komputer, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi

       Setiap penulis ditanya oleh teman atau saudara, jurusan Sistem Komputer itu apa sih? Itu IT ya? SK itu SI kan? Sistem komputer, Teknik Informatika, dan Sistem informasi itu 3 hal yang berbeda. Nah, artikel ini penulis buat khusus buat yang baru Lulus SMA atau SMK yang mau lanjut ke perguruan tinggi, dan bingung dengan ketiga jurusan ini, agar tidak salah jurusan.

       Yang pertama adalah Teknik Informatika. Teknik Informatika adalah suatu disiplin ilmu yang menangani proses analisis, perancangan dan implementasi software serta pemilihan hardware yang sesuai bagi suatu aplikasi menggunakan prinsip logika dan teknik algoritma, yang secara efisien mentransformasikan problem di dunia nyata ke dalam bentuk solusi, nah berarti jurusan Teknik Informatika lebih fokus mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan komputer, terutama dalam bidang software/perangkat lunak. Bisa dikatakan bahwa Teknik informatika lebih mempelajari bagian software seperti C,C++,C#,Java, dll  dalam suatu komputer.

       Yang kedua adalah Sistem Informasi. Jurusan Sistem informasi juga mempelajari dasar-dasar bidang Teknik Informatika, tetapi Sistem Informasi juga mempelajari tentang dasar-dasar bidang bisnis dan manajemen. Jadi permasalahan di bidang bisnis bisa diselesaikan dengan adanya Teknik Informatika oleh seorang analisis sistem atau pakar Sistem Informasi. Jadi, sistem informasi menjebatani manajemen dan pengguna di sisi bisnis dengan para ahli Teknologi Informasi dengan cara menerjemahkan kebutuhan bisnis/pengguna secara akurat ke dalam rancangan dan spesifikasi teknis sesuai dengan standar yang berlaku di industri IT.

       Berikutnya yang ketiga adalah Sistem Komputer. Jurusan sistem komputer mempelajari tentang desain, rancangan konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer. Jurusan ini juga kadang-kadang disebut Teknik Komputer. Nah Sistem Komputer itu lebih mempelajari hardware pada suatu komputer, dan juga bisa dikatakan kombinasi antara Teknik Elektro dengan Teknik Informatika. Jadi, Seorang sarjana Sistem Komputer mampu merancang, menganalisis, mengimplementasikan, meningkatkan kinerja serta mengelola suatu sistem komputer atau aplikasi berbasis microprosesor dan komputer dengan menggunakan teknologi yang ada untuk keperluan komersil. Bisa dikatakan untuk jurusan Sistem Komputer lebih mempelajari hardware contohnya seperti mikrokontroller di dalam suatu komputer.

Untuk di universitas bina nusantara jurusan Sistem Komputer memiliki 2 penjurusan yaitu :

  1. Intelligent Embedded Systems.
  2. Communication System.

       Nah, jadi sekarang sudah tau kan apa itu Sistem Komputer dan perbedaan antara ketiga jurusan diatas? Semoga artikel ini bisa jadi panduan untuk pembaca semua.

Sumber :

http://restyucul.blogspot.co.id/2010/11/perbedaan-teknik-informatika-sistem.html


Published at : Updated
Written By
Steven
Relation and Creativity
Leave Your Footprint
  1. untu IT cocoknya jurusannya yang mana Pak ?

    • Terimakasih sebelumnya sudah berkomentar, untuk IT pengertiannya sangat luas karena IT(Information Technology) atau teknologi informasi secara umum adalah teknologi apapun untuk menyebarkan informasi secara luas, bisa melalui hardware, software, dll. jadi semua jurusan yang dicompare pada post diatas bisa dibilang mencakup IT tersebut.

  2. Kalau saya lulusan sistem komputer, kalau untuk melamar pekerjaan cocoknya di posisi apa ya?

    • Pekerjaan di bidang Sistem Komputer sangatlah luas. Kamu bisa bekerja di berbagai bidang engineering dengan engineerengineer dari berbagai bidang, bahkan jika kamu menginginkannya, kamu bisa menjadi freelance engineer.

  3. kalo yang bercita cita ingin membuat game apa jurusan yang cocok yah?

    • Jika kamu kepingin menjadi programer game, jurusan yang baik kamu pantau sekarang adalah GAT 🙂

  4. Apakah Jurusan Sistem Komputer sama dengan jurusan Teknik komputer dan jaringan ??

    • Secara garis besar, sama. Jika kamu datang dari SMK dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Sistem Komputer merupakan lanjutan yang tepat.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close