People Innovation Excellence
 

Perbedaan Database, Database Management System, dan Database Application Program

Sumber Gambar : http://www.dbta.com/Editorial/Trends-and-Applications/Essential-Tips-on-SQL-Server-Database-Performance-108768.aspx

Halo! Kali ini kita akan membahas tentang sebuah topik yang erat banget hubungannya dengan SI yaitu Database, Database Management System, dan Database Application Program. Apa sih mereka dan apa perbedaannya? Disimak yuk!

Database is a shared collection of logically related data and its description, designed to meet the information needs of an organization. Database Management System (DBMS) is a software system that enables users to define, create, maintain, and control access to the database. (Database) Application Programs is a computer program that interacts with the database by issuing an appropriate request (typically an SQL statement) to the DBMS” (Connoly & Begg, 2015)

Menurut penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa database adalah sebuah kumpulan dari data dan deskripsinya yang secara logika berhubungan satu sama lain yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi sebuah organisasi. Sedangkan Database Management System adalah sebuah sistem perangkat lunak yang memperbolehkan pengguna untuk mendefinisikan, membuat, menjaga, dan mengawasi akses ke database. Contoh dari DBMS adalah Oracle dan MySQL. Di Oracle dan MySQL, kita dapat membuat database karena sudah disiapkan toolsnya. Dan yang terakhir adalah Database Application Programs adalah sebuah program komputer yang berinteraksi dengan database dengan menggunakan sebuah permintaan yang sesuai (umumnya sebuah SQL statement) ke DBMS. Jika sebuah aplikasi tidak mempunyai database, maka aplikasi tersebut akan stagnan sehingga tidak berkembang. Contoh aplikasi yang tidak menggunakan database adalah permainan Angry Bird.

Contoh penggunaan database, DBMS, dan database application yang umumnya terjadi di kehidupan sehari-hari adalah ketika kita belanja di supermarket. Saat kita membeli barang, kasir menggunakan bar code reader untuk membaca barang yang kita beli. Bar code reader tersebut tersambung dengan sebuah aplikasi database yang menggunakan bar code tersebut untuk mengetahui harga dan jenis barang yang tersimpan di DBMS secara otomatis sehingga kasir tidak perlu secara manual menulis dan mencari data barang yang kita beli.

Nah, sekarang sudah bisa dong membedakan database, database management system, dan database application program?:D Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya! Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

Connoly, T., & Begg, C. (2015). Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. Essex: Pearson Education.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close