People Innovation Excellence
 

PHP

Sumber Gambar : https://en.wikipedia.org/wiki/File:PHP-logo.svg.

          Hai teman-teman! Beberapa hari yang lalu kita sudah membahas tentang HTML, sekarang kita akan membahas tentang PHP atau nama lainnya adalah Hypertext Preprocessor. PHP bisa kita ibaratkan sebagai pelengkap dalam website apabila kita ingin membuat website yang lebih dinamis. Bisa dibilang website yang dibuat menggunakan HTML hanya bersifat statis sedangkan yang dibuat menggunakan PHP akan lebih dinamis. Nah, bagi kalian yang sudah menguasai HTML tidak ada salahnya untuk mempelajari PHP.

PHP adalah bahasa pemrograman website yang bersifat server side berbeda yang HTML yang bersifat client side. Server side itu sendiri merupakan pemrograman yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer server. Maksudnya adalah, setiap website dikunjungi makan server akan mengirimkan data-data yang ada di database website tersebut yang kemudian akan ditampilkan ke website tersebut.

PHP mempunyai banyak fungsi yang tentu saja tidak akan saya bahas semua. Selebihnya anda bisa pelajari lebih banyak fungsi PHP di luar sana. Fungsi dasar PHP misalnya untuk mencetak tulisan.

 

Maka yang akan tercetak adalah Hello World di dalam browser anda. Untuk mengetes apakah codingan PHP anda berjalan atau tidak, anda harus menggunakan XAMPP atau web server lain.

         Sekian untuk artikel singkat saya ini, semoga bermanfaat dalam pembelajaran pemrograman website anda ke depannya. Terima kasih.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close