People Innovation Excellence
 

APA ITU OUTSOURCING?

Sumber Gambar: https://www.searchenginejournal.com/house-outsourcing-better-solution-content/126246/

                Pernah kah kalian membeli sebuah barang yang bukan bermerek lokal, dan di dalamnya bertuliskan “Made in Indonesia”? Coba cek sepatu kalian. Misalkan kalian mempunyai sepatu bermerek Nike. Sering kali di dalamnya terdapat tulisan seperti itu. Jadi, apakah sepatu kalian tersebut buatan Indonesia? Tapi bukannya merek ini asli dari Amerika, ya?

Memang merek tersebut berasal dari luar negeri. Tapi, perusahaan dari merek tersebut melakukan outsourcing. Apa itu outsourcing? Menurut Maurice Greaver, Outsourcing (Alih Daya) dipandang sebagai tindakan mengalihkan beberapa aktivitas perusahaan dan hak pengambilan keputusannya kepada pihak lain (outside provider), dimana tindakan ini terikat dalam suatu kontrak kerjasama (Faiz, 2007). Jadi, semua barang yang yang bukan bermerek lokal tetapi di dalamnya terdapat label yang bertuliskan “Made in Indonesia” itu belum tentu palsu ya, Readers 😃. Banyak perusahaan yang melakukan outsourcing ini. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya produksi dan juga memanfaatkan human resource yang handal. Seperti contoh, Nike mempunyai 41 pabrik yang tersebar di Indonesia. Banyak banget, kan?

Banyak alasan mengapa perusahaan-perusahaan besar memilih Indonesia sebagai lokasi untuk outsourcing. Seperti yang dikemukakan oleh Diajeng Lestari, CEO Hijup.com, bahwa kualitas produk industri fesyen dari pabrikan di Indonesia tak bisa diragukan. Selain itu, pekerja Indonesia dikenal rajin dan juga pintar.

Walaupun diproduksi di Indonesia, tidak semua produk perusahaan luar negeri tersebut dijual di dalam negeri, lho. Contohnya PT Mas Sumbiri di Kendal, Jawa Tengah, yang merupakan pabrik penghasil produk Victoria’s Secret. Produksinya dikhususkan untuk dikirim ke pasar Amerika Serikat dan penjagaannya pun sangat ketat. Jadi, jangan heran ya, Readers, kalau kalian beli barang di luar negeri dan ternyata di dalamnya terdapat label “Made in Indonesia”. 😃

Jadi, sudah paham kan tentang outsourcing? Semoga dengan pembahasan ini, kita semua jadi tidak skeptis lagi untuk membeli barang luar negeri yang berlabel “Made in Indonesia”, ya. Sampai bertemu di post selanjutnya!

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

  • Faiz, P. M. (2007). Outsourcing (Alih Daya) dan Pengelolaan Tenaga Kerja Pada Perusahaan.
  • Kurniawan, M. Sofri. 2016. “Meski di Desa Kecil, Sumbiri Hasilkan Sejuta Bra dan Celana Dalam Nomor Satu Dunia”. Diakses dari http://jateng.tribunnews.com/2016/10/03/meski-di-desa-kecil-sumbiri-hasilkan-sejuta-bra-dan-celana-dalam-nomor-satu-dunia pada 15 April 2017, pukul 13.35 WIB.
  • Suryani, Irma. 2016. “Produk Brand Dunia Ternyata Buatan Pabrik Indonesia”. Diakses dari https://www.dream.co.id/lifestyle/produk-brand-ternama-buatan-pabrik-indonesia-160407w.html pada 15 April 2017, pukul 13.40 WIB.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close