People Innovation Excellence
 

The Types of E-commerce

Halo, guys! Kali ini, kita akan membahas tentang beberapa tipe yang ada di E-commerce. Sebelumnya membahas tipe-tipe e-commerce, ada yang udah tau apasih itu E-commerce? E-commerce adalah proses pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berhubungan dengan transaksi-transaksi belanja di internet shopping, stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang, 2002).

Sekarang udah pada tau kan apa itu e-commerce hehe. Selanjutnya, kita mau bahas apa ajasih tipe-tipe yang ada di e-commerce itu sendiri, yaitu ada :

  1. E-Commerce Business to Business (B2B)

E-Commerce Business to Business (B2B) merupakan bisnis e commerce yang dijalankan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis di dalamnya, dimana kedua belah pihak sudah saling mengenal dan saling mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain.

B2B merupakan jenis bisnis yang dilakukan secara berkelanjutan atau saling berlangganan dalam suatu ikatan bisnis tertentu atas dasar saling menguntungkan dan saling percaya.

Contoh bisnis e commerce B2B yaitu dua perusahaan yang saling mengadakan transaksi jual beli melalui transaksi online di internet yang pembayaran menggunakan kartu kredit.

 

  1. E-Commerce Business to Customer (B2C) 

E-Commerce Business to Customer (B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsume, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Pihak produsen melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen (tidak berlangganan). Artinya produsen hanya menjual produk atau jasa dan konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.

 

  1. E-Commerce Consumen to Business (C2B) 

E-Commerce Consumen to Business (C2B) dilakukan oleh konsumen kepada produsen yang menjual produk / jasa. Contoh: konsumen akan memberitahukan detail produk / jasa yang dia inginkan melalui media internet, kemudian produsen akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen tersebut.

 

Itulah beberapa informasi mengena tipe-tipe yang ada pada e-commerce, semoga bermanfaat! 🙂

Source : http://www.ekoonomi.com/2017/01/pengertian-e-commerce.html


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close