People Innovation Excellence
 

System Documentation : DFD (Data Flow Diagram)

Halo guys, kali ini kita akan membahas salah satu bentuk dokumentasi sistem yaitu DFD atau Data Flow Diagram. DFD ini adalah salah satu bentuk system documentation yang menggambarkan sistem itu sendiri dan komponen-komponennya, dan juga data flow atau informasi di antara komponen-komponen tersebut. Dimana hal ini memungkinkan pengguna dokumentasi untuk mengidentifikasi entity apa saja yang terlibat dalam sistem, proses apa saja yang terjadi di dalam sistem dan data flow yang terjadi antara entitas dan proses.

Untuk membuat DFD, kita bakal menggunakan 4 simbol, yaitu :

  • Lingkaran, menggambarkan proses atau sistem
  • Persegi panjang, menggambarkan entity eksternal
  • Panah, menggambarkan data flow atau informasi
  • 2 garis sejajar, menggambarkan penyimpanan data (data store).

Selain itu, DFD terdiri dari 3 jenis, yaitu : Physical Diagram, Logical Diagram, dan Context Diagram. Physical Diagram merupakan diagram yang menggambarkan entity – entity yang terlibat dalam proses dan data flow antar entity, serta interaksinya dengan entity external. Sementara, Logical Diagram merupakan diagram yang menggambarkan proses-proses yang terjadi dalam sistem, data flow antar proses dan bagaimana proses-proses tersebut berinteraksi dengan entity external yang memberikan input, menerima output atau keduanya dari sistem. Dan yang terakhir yaitu Context diagram, diagram ini merupakan representasi dari sistem dengan entity yang menyediakan input dan menerima output dari sistem. Context Diagram hanya menggambarkan hubungan sistem dengan para entity external sehingga tidak terlihat proses-proses pengolahan data didalamnya sehingga sistem yang ada dalam Context Diagram di dekomposisi menjadi lebih rinci, yaiitu Diagram nol, Dagram level 1, level 2 dan seterusnya sesuai dengan kompleksitas sistem.

Untuk menyusun Context Diagram langkah – langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Menetapkan system interest
  • Mengidentifikasi entity external
  • Mengidentifikasi input dan output
  • Menggambarkan data flow dari entity extrenal ke sistem dan sebaliknya seusai dengan sifat lingkungan sistem yang digambarkan.

Sekian pembahasan mengenai DFD (Data Flow Diagram), semoga bermanfaat ya! 🙂

Source : Considine, Brett at all. (2012). Accounting Information Systems – Understanding business processes. 04. Wiley. New York. ISBN: 978-0-7303-0247-6.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close