People Innovation Excellence

Big Data

Halo, guys! Kali ini, kita akan membahas tentang Big Data nih. Simak yuk!

Apa sih Big Data itu? Big Data adalah himpulan data yang mempunyai ukuran yang sangat besar yang tidak mampu diolah oleh sistem komputer dan perangkat lunak konvensional sehingga memerlukan bentuk baru dalam pengolahannya. Big Data mempunyai karakteristik tertentu, yaitu volume, variety, dan velocity.

  1. Volume

Dalam Big Data, volume data yang dihasilkan sangat besar. Faktanya, jika kita menggabungkan data dari awalnya waktu sampai tahun 2000, jumlahnya akan kurang dari data yang kita hasilkan sekarang dalam satu menit. Menakjubkan, bukan? Data ini sangat bermanfaat untuk mengungkap pola, trend terutama yang berhubungan dengan kebiasaan dan interaksi manusia. Contohnya, dengan menganalisa data, kita dapat mengungkap pola belanja kostumer pada sebuah toko. Sehingga toko tersebut dapat mengetahui barang apa yang paling banyak dibeli, bahkan barang apa, dan berapa banyak yang harus diproduksi dalam suatu periode tertentu.

  1. Variety

Jenis data yang dihasilkan bervariasi seperti teks, foto, video, dan lain-lain. Data ini berasal dari berbagai macam sumber. Contohnya adalah unggahan kita di media sosial. Selain itu, terdapat juga konsep yang bernama Internet of Things (IoT). IoT dapat didefinisikan sebagai benda-benda yang berada di sekitar kita yang ditanam sensor sehingga dapat terhubung ke sebuah jaringan seperti internet. Contoh dari IoT antara lain adalah smart watch. Dengan smart watch, kita dapat menghitung berapa langkah kaki kita per hari, bahkan detak jantung kita per hari. Tentu yang dapat dihasikan oleh smart watch tersebut adalah data yang nantinya dapat diolah.

  1. Velocity

Data-data yang dihasilkan harus diolah secara cepat untuk menghasilkan informasi. Maka dari itu, diperlukan bentuk baru dalam mengolah data tersebut untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Contohnya, perkiraan cuaca selalu diperbarui secara cepat, bahkan dalam hitungan menit. Data yang dibutuhkan dalam memperkirakan cuaca ini tentu diolah secara cepat sehingga dapat menghasilkan informasi yang real time.

Jadi itu sekilas tentang perbedaan Big Data. Sekarang makin yakin kan kalau data dan informasi adalah hal yang berguna bagi kehidupan kita?:) Penulis berharap semoga post ini bermanfaat bagi kalian para pembaca. Sampai bertemu di post selanjutnya!

 

Source :


Published at :
Written By
Anindya Khansalihara W
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close