People Innovation Excellence
 

Langkah Awal Belajar Bahasa PHP

Haloo pembaca setia, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas bagaimana langkah awal menjadi seorang programmer PHP. Yuk kita simak bersama J

Dikalangan programmer pasti tidak asing lagi mendengar kata PHP. Yup! PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum. Lalu untuk mulai mempelajari bahasa pemograman PHP apa sih yang perlu diperhatikan? Berikut tips-tipsnya…

  1. Niat Berbuat Sesuatu Berguna Bagi Nusa Dan Bangsa

Mungkin ini terdengar berlebihan tapi intinya adalah bangun motivasi untuk belajar. Bagi kamu yang baru memulai ataupun sedang mempelajari PHP dan hampir putus asa, coba deh untuk membangun motivasi seperti membuat program yang berguna bagi nusa dan bangsa. (oke ini berat bahasanya… but why not?)

  1. Mengenal Secara Garis Besar: Apa Itu PHP

Sebelum memulai mempelajari PHP, pertama-tama, harus tau dulu, apa itu PHP. Siapa pendirinya, tahun berapa PHP mulai dikembangkan, latar belakang munculnya PHP, apa gunanya PHP, dan teknologi-teknologi yang berhubungan dengan PHP. Sebelum ada PHP dan sebangsanya, situs-situs web dibuat hanya menggunakan HTML, dicampur sedikit javascript / ecmascript dan atau vbscript. Situs-situs tersebut memiliki keterbatasan yaitu bersifat statik, semacam poster-poster yang ditempel di dinding, biar dilihat oleh sejuta umat manusia, tampilannya ya itu itu aja. Nah… di sinilah PHP dan sebangsanya itu (bangsa “Server Side Scripting”) mengubah poster-poster dinding tersebut menjadi lebih interaktif, yaitu isi situs bisa berubah tergantung siapa yang mengakses, kapan diakses, peralatan yang mengakses dan sebagainya.

Lalu apa itu istilah “Server Side Scripting” ? Server Side Scripting adalah istilah untuk program-program seperti PHP, ASP, ColdFusion, dan JSP. Mungkin masih banyak lagi yang lain, tetapi yang saya sebutkan barusan adalah program-program yang lebih dikenal.

  1. Mengetahui Teknologi-Teknologi Yang Berhubungan Dengan PHP

Cukup diketahui aja dulu. Belajarnya nanti pelan-pelan. Kalo langsung dipelajari semua, bisa pingsan. Yang paling wajib untuk diketahui adalah HTML. Terdapat beberapa versi HTML, diartikel sebelumnya saya sudah menjelaskan perintah – perintah dasar pada HTML dan yang terbaru saat ini (Sep 2016) adalah HTML 5. Untuk mempelajari HTML, sebaiknya tidak langsung ke HTML 5, tetapi mempelajari elemen-elemen dasar bawaan dari HTML 4.0 terlebih dahulu, baru kemudian melanjutkan ke elemen-elemen baru di HTML 5. Atau kalau mau lebih berstandar internasional, sebagai ganti dari HTML 4.0, bisa mempelajari syntax XHTML yang pada intinya sama saja, hanya sedikit lebih strict.

Berkaitan dengan HTML sendiri, terdapat beberapa teknologi lain yang tidak bisa hidup tanpa HTML seperti CSS, Javascript dan vbscript. CSS atau Cascading Style Sheet. Itu semua sudah menjadi wajib dipelajari karena HTML tanpa CSS adalah seperti nasi tanpa lauk. CSS versi terbaru adalah CSS3. Sama seperti hubungan HTML 5 dengan HTML, CSS3 adalah perkembangan dari CSS. Oleh karena itu, menurut Saya, akan lebih  terarah jika mempelajari CSS terlebih dahulu baru kemudian belajar fitur-fitur baru di CSS3.

Dari HTML, CSS dan javascript, javascript adalah yang paling sulit dipelajari, karena sudah merupakan bahasa pemrograman tersendiri. Ditambah lagi saat ini ada library javascript bernama jQuery. Javascript tidak wajib sih, akan tetapi, saat ini sudah sulit ditemukan website profesional yang tidak menggunakan javascript atau jQuery. Meskipun suatu situs dapat dikembangkan tanpa menggunakan jQuery sama sekali, website tersebut akan terasa hambar dibandingkan dengan website profesional yang sudah beredar. Untungnya, meskipun hanya mengerti javascript dasar, ada situs-situs yang menyediakan library-library javascript siap pakai yang keren-keren.

  1. Miliki Program-Program Untuk Mengutak-Atik PHP

Untuk pemula, software yang sangat direkomendasikan adalah XAMPP atau Appserv. Namun pilihlah salah satu software sebab kita tidak dapat menginstall kedua-keduanya karena akan bentrok. Dan menguninstall salah satu dan menginstall yang lainnya akan menyebabkan instalasi yang kurang sempurna. So, pilih salah satu ya untuk cari aman. J

  1. Pelajari PHP

Setelah menginstall program-program di atas, berikutnya adalah mengetahui seluk beluk PHP dan membuat programnya. Paling tidak adalah mengetahui mengenai lokasi penempatan file-file website PHP yang akan kita buat. Yaitu defaultnya di C:/xampp/htdocs jika menggunakan XAMPP, C:/appserv/www jika menggunakan appserv.

  1. Terus Mencoba

Yang pastinya terus mencari referensi atau tutorial-tutorial untuk memperdalam ilmu PHP. Banyak situs website yang menyediakan tutorial-tutorial mengenai Bahasa pemograman PHP. Dan yang paling penting jangan putus asa! Belajar menjadi seorang ahli itu butuh waktu dan kerja keras.

Gimana? Sudah siap belajar pemograman PHP? Sekian tips belajar Bahasa pemograman PHP. Semoga bermanfaat.


Published at : Updated
Written By
Michael Juan
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close