People Innovation Excellence
 

CRM VS SCM

Halo, guys! 🙂 Kali ini, kita akan membahas tentang CRM Vs SCM. Mari kita Simak yuk!

Mungkin sebagian besar dari kita tidak asing lagi dengan istilah CRM. Apasih pengertian dan kepanjangan dari CRM ? CRM merupakan kepanjangan dari Customer Relationship Management yang berarti suatu  proses yang digunakan untuk memastikan layanan sampai kepada pelanggan setelah penjualan selesai dengan mengotomasi proses bisnis yang digunakan untuk penjualan (sales), layanan (service), dan dukungan (support). Dengan kata lain, CRM sebagai sarana penghubung dari suatu perusahaan ke pelanggannya.

Berbeda dengan SCM. SCM itu sendiri merupakan kepanjangan dari Supply Chain Management adalah suatu proses yang digunakan untuk memastikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan sudah melalui proses materi (bahan baku), informasi , dan sumber daya keuangan secara tepat waktu. Dengan kata lain, dalam proses produksi barang/jasa, perusahaan harus bisa menempatkan produknya pada suatu tempat yang tepat, dengan biaya termurah, dan menghasilkan nilai efektif dengan memperhatikan proses aliran kerja yang terkoordinasi.

Ini perbedaan dari CRM dan SCM. Mari kita lihat!

  1. SCM adalah memastikan bahwa bahan baku yang dibutuhkan oleh pelanggan telah terpenuhi, sementara CRM adalah berinteraksi dengan pelanggan untuk memastikan mereka mendapatkan dukungan dan layanan yang mereka butuhkan.
  2. Ditinjau dari waktu pelaksanaannya,  proses SCM dilakukan sebelum produk dilempar ke pasar, sedangkan CRM sesudah produk dilempar di pasar.
  3.  SCM menangani dan memilik relasi dengan vendor atau suplier sementara CRM fokus menangani pelanggan dan pelayanan pada mereka.

Dan ini yang terakhir, yaitu persamaan antara CRM dan SCM. Yuk kita simak lagi.

Secara umum, kedua proses strategi tersebut baik CRM dan SCM digunakan untuk membantu kegiatan di Sales, Marketing, dan Customer Service. Keduanya sama-sama berkecimpung pada kebutuhan dan kepuasan pelanggan terhadap kualitas barang dan layanannya. Dengan tujuan sama, yaitu mendapatkan dan menangani pelanggan, memenuhi kebutuhan mereka, dan memberi layanan maksimal sehingga pelanggan akan loyal kepada perusahaan serta menjadi pelanggan setia bagi perusahaan.

Source :

https://marthasuzan.wordpress.com/2012/10/30/erp-scm-vs-crm/


Published at : Updated
Written By
M. Fikri Abdurahman
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close