People Innovation Excellence
 

Tips Membuat Hotspot Melalui Command Prompt

Halo, guys! Pasti kalian udah akrab banget kan sama yang namanya hotspot wifi? Yup, betul banget, dengan bantuan pemancar wifi yang biasa kita sebut hotspot, kita bisa asik internetan. Nah, kali ini kita bakal kasih tau kalian gimana cara buat hotspot sendiri cuma dengan bermodalkan kabel LAN yang terkoneksi internet dan laptop, nih! Kece banget kan?

Perlu diketahui bahwa untuk membuat hotspot di komputer PC tentunya kamu sudah harus punya perangkat Wireless adaptornya. Perangkat tersebut bisa dibeli di toko komputer, yang umumnya dalam bentuk USB.
Sedangkan untuk laptop, notebook, atau netbook yang umumnya sudah memiliki fitur WiFi di dalamnya bisa mempraktekan cara ini secara langsung tanpa perlu menggunakan perangkat tambahan seperti di atas. Langsung saja, berikut cara membuat hotspot di command prompt Windows 7 tanpa perlu software:
Langkah 1
Buka cmd: Start Menu > All Programs > Accessories > Command Prompt
Langkah 2
Pastikan kamu sudah dalam status user sebagai Administrator. Jika belum, maka sebelum membuka cmd, klik kanan terlebih dahulu pada cmd kemudian pilih “Run as administrator”.

Langkah 3
Setelah jendela cmd terbuka, silahkan ketikkan perintah berikut (kemudian tekan Enter):
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaWifiKamu key=PasswordWifiKamu
Ganti ssid dan password sesuai keinginanmu sendiri. SSID digunakan sebagai nama jaringan WiFi kamu nantinya. Sedangkan untuk password minimal 8 digit campuran antara angka dan huruf.
Konfigurasi awal sudah berhasil, saatnya mengaktifkan fitur ICS (Internet Connection Sharing) untuk mengaktifkan jaringan WiFi agar bisa terkoneksi dengan internet.
Langkah 4
Buka Control Panel dan pilih Network and Sharing Center untuk membuka jendela Network Connection. Klik kanan pada jaringan kamu yang sudah terkoneksi ke internet dan pilih Properties. Untuk contoh di sini jaringan yang aktif dengan koneksi internet adalah “Local Area Connection”.
Langkah 5
Setelah jendela Properties terbuka, pilh tab “Sharing”. Kemudian klik atau beri tanda centang pada checkbox untuk mengaktifkan fitur ICS. Dan pada “Home networking connection:” pilih jaringan dari Wireless Adaptor yang sudah terinstall yaitu “Wireless Network Connection 2”. Jika sudah, klik OK.
Langkah 6
Konfigurasi jaringan sudah berhasil, kini saatnya mengaktifkan jaringan WiFi kamu untuk mulai membuat hotspot. Kembali ke cmd, dan ketikkan perintah berikut (kemudian tekan Enter):
netsh wlan start hostednetwork
Langkah 7
Jika konfigurasi sudah benar, maka jaringan WiFi kamu akan aktif, dan siapapun yang masuk dalam jangkauan dari jaringan WiFi kamu tersebut akan bisa terkoneksi dengan komputermu, termasuk menggunakan internet kamu juga.
Langkah 8
Untuk mengeceknya, ataupun menghubungkannya kamu bisa lihat pada icon Network Connection di system tray pada perangkat lain, misal dari laptop kamu. Nantinya akan muncul nama WiFi kamu sesuai dengan SSID yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
Untuk menonaktifkan atau menutup jaringan WiFi ini, cukup dengan mengetikkannya kembali di cmd dengan perintah berikut:
netsh wlan stop hostednetwork

Nah, sekian tutorial membuat hotspot wifi dengan menggunakan cmd. Semoga bermanfaat, guys! 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close