People Innovation Excellence
 

PSYCARE 2019

“LET’S GET CONNECT WITH NATURE” PSYCARE 2019

Salah satu kegiatan yang merupakan usaha untuk mewujudkan visi dan misi Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMPSIKO) adalah melalui kegiatan sosial yaitu Psychology Care (Psycare). Psycare merupakan sebuah kegiatan bakti sosial yang akan melibatkan mahasiswa/i Psikologi Universitas Bina Nusantara. Kegiatan ini merupakan usaha untuk menjalankan salah satu misi dari himpunan, yaitu sebagai fasilitas mahasiswa Psikologi dalam berkontribusi terhadap lingkungan sosial.

Seperti hal nya tahun lalu, Psycare tahun ini tetap bekerja sama dengan Teach For Indonesia Student Community (TFISC). Psycare 2019 diselenggarakan di sebuah rumah asuh, yaitu Mizan Amanah. Rumah Asuh Mizan Amanah berlokasi di Jalan Pejompongan dalam no 9A, Bedungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Rumah asuh ini menampung kurang lebih 60 anak yang terdiri dari murid-murid usia sekolah dasar. Kegiatan Psycare 2019 sendiri dilaksanakan selama lima hari, tepatnya hari Jum’at, Sabtu, Kamis, Jum’at, dan Sabtu, yaitu tanggal 5, 6, 18, 19, dan 20 Juli 2019. Kegiatan Psycare 2019 ini diselenggarakan di rumah asuh guna meningkatkan kesadaran anak usia dini akan dampak dari perubahan iklim pada lingkungan dan bagaimana mereka menyikapi perubahan tersebut dengan hal-hal kecil yang positif. Selain itu, anakanak di Rumah Asuh Mizan Amanah juga akan mendapatkan pengetahuan dini mengenai pentingnya memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat guna mengurangi adanya sampah, terutama sampah plastik.

Tema dalam acara Psycare kali ini, yaitu Let’s Get Connect with Nature berkaitan erat dengan isu perubahan iklim yang sedang marak di Indonesia. Tujuan utama dari tema ini adalah meningkatkan kesadaran pada anak usia dini tentang pentingnya menjaga lingkungan dalam rangka menghadapi berbagai macam dampak dari perubahan iklim. Namun tentunya, tema ini juga tidak terlepas dari teori psikologi. Teori psikologi yang dijadikan acuan pada tema kegiatan kali ini adalah teori psikologi lingkungan, tepatnya teori ekologi dari tokoh Urie Bronfenbrenner. Teori ekologi dalam ranah psikologi mengatakan bahwa perilaku seorang individu tidak berdiri sendiri, melainkan merupakan dampak dari interaksi individu yang bersangkutan dengan lingkungan di luarnya. Teori ekologi pada dasarnya memandang perkembangan anak dari tiga sistem lingkungan, yaitu mikrosistem, ekosistem, dan makrosistem.

Psycare 2019 yang diselenggarakan bersama anak-anak di rumah asuh merupakan acara bakti sosial. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri atas games yang tentunya tidak terlepas dari penerapan konsep teori Urie Bronfenbrenner, kegiatan kreativitas seni dari barang bekas yaitu membuat tempat pensil dari botol bekas dan figura foto dari kardus dan sedotan plastik, serta berkampanye mengenai bahayanya sampah plastik dan sterofoam bagi ekosistem. Games yang akan dilakukan juga tentu telah disesuaikan dengan tema yang diambil dan usia anak-anak di Rumah Asuh Mizan Amanah.

Selain menyadarkan anak usia dini akan lingkungannya, kami berharap dengan terlaksananya acara ini, rasa saling menghargai dan mengasihi juga terjalin antara mahasiswa/i Psikologi Universitas Bina Nusantara dengan anak-anak di Rumah Asuh Mizan Amanah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close