People Innovation Excellence
 

BSPEAK 12 Juni 2019

Loneliness

Pada tanggal 12 Juni 2019. Himpsiko dengan Bvoice atau biasa kita sebut BSPEAK membahas mengenai loneliness. Pada dasarnya Loneliness adalah perkembangan psikososial manusia dalam Dewasa Awal ( Young Adulthood) (20-30 tahun) akan melewati masa Intimacy Vs. Isolation menurut Erik Erikson. Jenjang ini menurut Erikson adalah keinginan untuk mencapai kedekatan dengan orang lain dan berusaha menghindar dari sikap menyendiri. Periode ini diperlihatkan dengan adanya hubungan spesial dengan orang lain yang biasanya disebut dengan istilah pacar, guna memperlihatkan dan mencapai kelekatan dan kedekatan dengan orang lain. Akan tetapi, peristiwa ini akan memiliki pengaruh yang berbeda apabila seseorang dalam tahap ini tidak mempunyai kemampuan untuk menjalin relasi dengan orang lain secara baik sehingga akan tumbuh sifat merasa terisolasi. Erikson menyebut adanya kecenderungan maladaptif yang muncul dalam periode ini ialah rasa cuek, di mana seseorang sudah merasa terlalu bebas, sehingga mereka dapat berbuat sesuka hati tanpa memperdulikan dan merasa tergantung pada segala bentuk hubungan misalnya dalam hubungan dengan sahabat, tetangga, bahkan dengan orang yang kita cintai/kekasih sekalipun.

Nah gimana sih kalo kita gagal pada tahap tersebut? Yap seperti yang udah dijelaskan, seseorang yang gagal pada tahan intimacy vs. isolation akan merasa ter-isolasi atau bisa dibilang loneliness/ kesepian. Apa sih kesepian itu? Kesepian merupakan suatu keadaan mental dan emosional, karena adanya perasaan terasing dan keadaan tidak menyenangkan yang dipersepsikan seseorang akibat tidak terpenuhinya kebutuhan akan hubungan sosial ataupun hubungan interpersonal pada dirinya.

Terdapat 2 tipe pada loneliness yaitu:

Tidak semua kondisi kesepian mempunyai tipe yang sama. Tipe kesepian cenderung dipengaruhi oleh penyebab mengapa seorang individu merasa kesepian. Menurut Robert Weiss (1973), terdapat dua tipe kesepian, yaitu :

  1. Emotional Loneliness : kesepian yang disebabkan ketidakhadirannya sebuah hubungan intim atau ikatan emosional seseorang. Misalnya, kesepian yang dialami oleh mereka yang bercerai dengan pasangannya.
  2. Social Loneliness : suatu bentuk kesepian yang muncul ketika seseorang tidak memiliki keterlibatan yang terintegrasi dalam dirinya, tidak ikut berpartisipasi dalam kelompok atau komunitas yang melibatkan adanya kebersamaan, minat yang sama. Suatu bentuk loneliness yang dapat membuat seseorang merasa diasingkan oleh teman, keluarga maupun lingkungan sekitar.

Lalu, gimana cara kita tahu bahwa seseorang atau bahkan kita sendiri sebenarnya merasa kesepian? Ada 4 tanda menurut Bhrem (2002) yang dapat mengindikasikan bahwa seseorang mengalami loneliness :

  1. Ketidakpuasan seseorang terhadap hubungan yang dimiliki, hal ini biasanya didasari karena hubungan yang ia jalani pada saat itu tidak adekuat atau tidak memenuhi standar atau harapan dari seseorang tersebut dalam menjalin suatu hubungan
  2. Terjadi perubahan terdahap apa yang diinginkan seseorang dalam suatu hubungan, hal ini bisa mengarah ke faktor pertama apabila perubahan yang diinginkan oleh orang tersebut tidak dapat diwujudkan dalam hubungannya.
  3. Self esteem. Orang yang mengalami loneliness identik dengan self esteem yang rendah, karena hal tersebut dapat membuat seseorang tidak percaya diri untuk bersosialisasi, merasa tidak nyaman dengan sosial, dan menghindari kontak sosial tertentu yang akhirnya mengarah kepada loneliness.
  4. Terakhir, perspektif. Orang yang mengalami loneliness akan cenderung mempunyai perspektif yang negatif terutama pada orang lain . Hal itu seperti tidak percaya pada orang lain, menilai orang lain secara negatif, dan menginterpretasikan tindakan orang lain sebagai hal yang negatif.

Setelah kita liat pernyataan, kita simpulkan bahwa pada masa dewasa awal, seseorang akan mengalami masa Intimacy vs Isolation menurut teori Psikososial Erik Erikson. Apabila pada masa ini kita gagal untuk mendapatkan hubungan intim dengan orang lain, maka kita akan mengalami masa Isolation yaitu seperti merasa dikucilkan atau kesepian. Nah untuk loneliness ini kasusnya banyak dialami oleh remaja atau seseorang yang akan beranjak dewasa. Dan banyaknya kasus bunuh diri yang terjadi, diantaranya ialah desebabkan oleh loneliness.  Untuk itu, kita harus memahami diri kita dan mulai memperkuat hubungan dekat dengan seseorang apakah itu teman, keluarga maupun pasangan. Untuk itu, kalian yang gagal dalam membuat hubungan intimacy dengan seseorang, janganlah kalian sedih dan berpasrah pada keadaan, karena hubungan tersebut gak cuma kepada pasangan loh, bisa juga dengan kakak, adik, sahabat, dan orangtua.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close