People Innovation Excellence
 

World Mental Health Day!

Ada yang spesial lhoo hari ini. Mau taugak? Hehe yap. Kita baru aja memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 10 Oktober. Nah kita simak dulu yuk apa sih sejarah dibalik tanggal 10 oktober? Tanggal tersebut dicanangkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia milik PBB, World Health Organization (WHO), untuk meningkatkan kesadaran tentang nyatanya ancaman kesehatan mental dan meningkatkan usaha mendukung perbaikan kesehatan mental penduduk dunia. Kejadian-kejadian ekstrim akibat gangguan kondisi mental, tak jauh dari kehidupan kita. Kondisi seperti depresi, kegelisahan, perubahan suasana hati, dan stres, banyak kita temui pada remaja. Apalagi dengan tekanan dan tuntutan hidup yang semakin berat. Gangguan jiwa tersebut tidak hanya berdampak pada keseharian kita, namun juga bisa menghancurkan kehidupan sosial dan pribadi kita.

Menurut WHO, ada 300 juta orang di seluruh dunia yang menderita depresi. Selain itu, ada lebih dari 260 juta orang hidup dengan gangguan kecemasan. Meskipun zaman semakin modern, penanganan terhadap gangguan mental ternyata masih rendah loh. Masih banyak orang yang mengabaikan pentingnya mempertahankan dan menyembuhkan kesehatan jiwa dibandingkan dengan kesehatan fisik.

Kalau di Indonesia, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia baru mulai ditetapkan pada tahun 1993. Misinya saat pertama pencanangan Hari Kesehatan Jiwa di Indonesia adalah untuk menghormati hak Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Selain itu, memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa dan meningkatkan akses dan pelayanan kesehatan jiwa untuk semua orang. Misi luar biasa itu masih terus diusahahan dengan keras hingga hari ini. Salah satunya melalui peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia setiap 10 Oktober.

Nah, setelah kita mengetahui nih dibalik hari kesehatan mental sedunia, kita akan membahas apa sih kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gangguan mental:

  1. Pesimis

Orang yang pesimis, cenderung tidak mempunyai harapan baik dan mudah putus asa. Karena itu, pesimisme tidak hanya memengaruhi cara kalian memandang hidup, tetapi juga mengganggu kesehatan mental Anda. Hilang harapan dan rasa putus asa, jika dibiarkan berlarut-larut, bisa menjadi salah satu gejala gangguan mood, yaitu depresi.

Maka, belajarlah untuk berpikir positif. Kenali kelemahan, kekuatan, dan fokuslah pada kekuatan kalian tersebut. Jangan hanya terpaku pada kelemahan kalian atau situasi buruk yang sedang dihadapi.

  1. Perfeksionis

Sikap perfeksionis cenderung membuat seseorang menginginkan semua hal sempurna, berjalan sesuai rencana, dan tanpa cacat cela. Standar yang sempurna ini tidak jarang membuat seseorang kecewa dan sedih, terlebih jika apa yang direncanakan tidak menjadi nyata. Bila tidak dikendalikan, kalian dapat rentan terkena Gangguan Kecemasan (anxiety disorder).

Gimana sih cara ngendaliinnya? Kita dapat tetapkan tujuan yang realistis, dan hadapi kesalahan atau kegagalan sebagai bentuk pembelajaran. Jika kalian udah mulai cemas, tenangkan diri kalian  dengan teknik-teknik relaksasi, misalnya menarik napas panjang.

  1. Pikiran obsesif

Obsesi adalah pikiran negatif yang muncul dan tidak terkendali serta berulang akan suatu kejadian masa lalu atau yang sedang dihadapi.

Misalnya kalian terobsesi untuk selalu mengecek HP atau media sosial, tak mau ketinggalan informasi seremeh apa pun. Kalo pegang HP sebentar aja, dalam pikiran udah muncul hal-hal negatif seperti, “Bagaimana kalau tadi pacar nelfon karena ada apa-apa?” atau, “Jangan-jangan daritadi ada klien yang menghubungi untuk menjadwalkan meeting penting?”.

Ini akan membuat tubuh dan otak kalian stres, membuat napas dan denyut jantung meningkat cepat, dan tubuh akan melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol. Semua ini akan berdampak pada kesehatan fisik dan emosional kalian loh.

  1. Rendah diri

Cara kalian menilai diri sendiri juga bisa mendukung atau justru mengganggu kesehatan mental Anda. Orang yang cenderung rendah diri, menilai dirinya serba kurang, membandingkan diri sendiri dengan orang lain, dan terlalu sering menyalahkan diri sendiri akan mudah stres dan depresi.

Buat kalian yang suka merendah diri, lebih baik kalian fokus pada apa yang kalian punya, maksimalkan potensi yang kalian miliki, buktikan pada diri sendiri kalau kalian  punya segudang kemampuan, dan jangan terlalu memikirkan komentar orang lain tentang diri kalian.

  1. Kurang tidur

Tidur adalah cara tubuh melakukan regenerasi. Karena itu, kurang tidur gak cuma buat kalian mudah mengantuk, tetapi juga dapat mengacaukan kinerja sistem tubuh. Ini tentu akan mengganggu kesehatan mental kalian. Sejumlah penelitian telah membuktikan kaitan kurang tidur dengan berbagai jenis gangguan mental seperti depresi, bipolar dan ADHD.

Biasakan yuk untuk tidur 8 jam sehari. Atau jika kalian mengalami gangguan tidur, segera periksa ke dokter agar mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

  1. Malas gerak

Studi yang dilakukan oleh para ahli dari University College London menemukan adanya hubungan antara aktivitas fisik dan depresi. Studi tersebut menyebutkan bahwa orang yang aktif cenderung tidak mengalami depresi, karena aktivitas fisik akan menurunkan risiko depresi.

  1. Memendam amarah

Jangan salah, memendam amarah juga bisa mengganggu kesehatan mental seseorang loh. Dalam jurnal Advances tahun 2017, para ahli di Inggris menemukan bahwa orang-orang yang tidak bisa meluapkan amarahnya secara sehat lebih rentan mengalami berbagai gejala depresi.

Karena itu, belajarlah untuk meluapkan emosi dan mengungkapkan rasa marah, kecewa, dan perasaan negatif lainnya dengan baik. Jangan hanya dipendam sendirian, apalagi kalau sampai mengganggu kesehatan mental kalian. Berceritalah pada orang-orang yang kalian percayai atau dapat menuangkan perasaan dalam buku harian.

 So guys, setelah kita simak artikel diatas kita jadi ngerti ya apa yang buat gangguan mental itu ternyata dari hal-hal yang sepele ya. Untuk itu kita harus lebih peka dan care sama orang sekitar yaa. Untuk orang-orang diluar sana yang sedang berjuang untuk melawan gangguan mental, kalian hebat dan kalian tidak sendiri. Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia!

 

 

 

 

 

 

Sumber:

7 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Rentan Alami Gangguan Mental

https://www.teen.co.id/read/6926/mengapa-ada-hari-kesehatan-jiwa-sedunia-yang-diperingati-setiap-10-oktober


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close