People Innovation Excellence
 

Apasih Bedanya Introvert dan Extrovert???

            Kepribadian introvert dan ekstrovert merupakan salah satu tipe kepribadian yang paling banyak dibicarakan dan menjadi acuan seseorang dalam melihat kepribadian. Hal ini disebabkan karena kepribadian introvert dan juga ekstrovert memiliki perbedaan dan juga ciri – ciri yang benar – benar berbeda, sehingga akan sangat mudah dalam melihat dan juga menganalisa tipe kepribadian ini.

Ekstrovert dan juga introvert sendiri merupakan salah satu istilah yang awalnya diungkapkan oleh Carl Jung, seorang Psikoanalis, yang juga merupakan salah satu penerus dari Freud. Carl Jung mendefinisikan Introvert sebagai Introversion / Introversive sedangkan ekstrovert sebagai Extraversion / extroversive. Kedua istilah ini memiliki kaitan yang erat dengan bagaimana attitude seseorang ketika menghadapi sebuah situasi. Jadi, pada awalnya memang istilah ekstrovert dan juga introvert ini bukan merupakan tipe kepribadian, hanya sebagai sebuah sikap atau attitude dari individu dalam menghadapi situasi tertentu.

Secara umum, kedua istilah di atas memiliki perbedaan yang mendasar, terutama ketika menghadapi suatu situasi tertentu, atau menghadapi suatu masalah. Mereka yang masuk ke dalam kategori Ekstrovert,  cenderung melihat ke arah luar dirinya, mengeluarkan energi, dan mengambil pandangan – pandangan dari luar dirinya dan lebih menyukai lingkungan yang interaktif. Mereka cukup antusias dalam hal baru dan senang bergaul. Hal itu disebabkan karena seorang ekstrovert lebih didominasi dengan sifat, kondisi atau kebiasaan yang menyenangkan dari luar diri mereka sendiri. Bagi mereka, aktivitas sosial, berinteraksi dengan orang lain, bertukar informasi dengan banyak orang dan senang bergaul adalah hal yang menyenangkan. Sebaliknya jika mereka berada dalam keadaan sendiri bagi mereka adalah sesuatu yang membosankan. Nah jadi, maksud dari ekstrovert ini tuh bukan berarti dia orangnya cerewet ya hehe tapi lebih kepada seseorang yang mengeluarkan energinya ke luar atau dengan cara berinteraksi dengan orang lain.

Sebaliknya, mereka yang memiliki sikap Introvert, cenderung memusatkan energi ke dalam dirinya sendiri, tidak mengeluarkannya, dan memendamnya. Inilah yang menyebabkan mereka yang termasuk ke dalam kategori introvert ini terlihat pendiam, terlihat tidak mau berteman, dan juga cenderung subjektif terhadap berbagai macam hal. Padahal, kepribadian introvert cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan. Mereka memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru. Seseorang introvert sangat senang untuk melakukan aktivitas yang bersifat soliter (dapat di lakukan sendirian tanpa bantuan orang lain). Kegiatan tersebut seperti menulis, membaca, mengoperasikan komputer, menonton film, memancing dan lain sebagainya. Banyak dari seniman, komposer lagu, penulis novel, atau penemu biasanya memiliki kepribadian introvert. Mereka lebih menyukai menikmati waktu yang dihabiskan sendirian, karena menurut mereka, sendirian adalah hal yang menyenangkan. Selain itu, introvert juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan analisa hal-hal rumit. Mereka lebih mudah untuk berkonsentrasi saat memecahkan masalah. Masih banyak loh ternyata yang menganggap bahwa seorang introvert ini adalah orang yang pendiam atau tidak mau bergaul, padahal nyatanya gak sama sekali loh guys. Seorang introvert ini juga memiliki teman dan dapat bergaul, tetapi ia hanya nyaman dengan beberapa orang saja.

Nah, setelah penjelasan diatas tadi, tentunya kita jadi lebih mengerti ya apa perbedaan antara dua kepribadian tersebut. Tidak ada hal yang perlu kita anggap jelek ya, karena introvert dan ekstrovert memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan tentunya, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, untuk kita pahami bahwa setiap manusia itu berbeda-beda dan membuat kita salah paham ya.

 

 

 

Sumber:

Perbedaan Antara Kepribadian Introvert Dan Juga Ekstrovert

Pengertian Introvert Extrovert dan Ambivert. Lengkap Dengan Ciri-cirinya.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close