People Innovation Excellence

MAKRAB 2020

Halloooo!

HIMPSIKO telah mengadakan kegiatan Makrab 2020 lohh! Kita mengadakannya di Taman Mini Indonesia Indah. Tema makrab tahun ini adalah “United We Stand, Divided We Fall“. Mengapa kita memakai tema itu? Karena tema tersebut mengandung arti bahwa setiap mahasiswa akan semakin kuat ketika saling bekerja sama dan bersatu dalam menjalani kehidupan perkuliahan, dan sebaliknya akan semakin mudah jatuh ketika berjalan sendiri.

Makrab diawali dengan berkumpulnya seluruh panitia dan Liaison Officer (LO) di Kampus Kijang pada pukul 05.30 untuk melakukan briefing sekaligus menunggu datangnya peserta. Selanjutnya, absensi peserta dimulai pada pukul 6 pagi dan menunggu beberapa peserta yang datang terlambat.

Setelah selesai absen, dilanjutkan dengan sesi pembukaan acara dan sambutan dari ketua makrab 2020 (Arzlan Bagja Najmiqadar) dan ketua HIMPSIKO (Faiz Alghifary). Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan sesi sharing dengan HIMPSIKO (yang membahas mengenai hal-hal seputar himpunan), dan ILMPI.

Terdapat juga sharing dengan beberapa dosen. Pada kesempatan kali ini Bu Yuni, Kak Pingkan dan Bu Lisa memberikan sedikit materi mengenai perkuliahan yang nantinya akan dijalani oleh para mahasiswa.

Setelah rangkaian acara di Kampus Kijang usai, para peserta dan panitia bersiap untuk menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Perjalanan menuju TMII dilakukan menggunakan angkutan umum, transjakarta. Beberapa panitia transportasi sudah berjaga di setiap halte untuk memastikan keselamatan dan keamanan seluruh panitia dan peserta. Sekitar jam 11an, seluruh peserta tiba di Taman Mini Indonesia Indah dan segera menuju meeting point yang sudah ditetapkan. Sesampainya di meeting point, peserta diberikan waktu sejenak untuk beristarahat sebelum memulai games sesi pertama. Pada games sesi pertama, para peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh divisi acara.

Namun, karena adanya keterbatasan waktu, maka tidak semua games dapat dimainkan saat itu. Hari semakin siang dan tiba waktunya untuk ISHOMA. Para peserta, panitia dan senior diberi waktu untuk melaksanakan sholat dan makan siang.

Setelah semuanya selesai melaksanakan ISHOMA, acara kembali di mulai. Games sesi 2 yang memiliki konsep Amazing Race dimulai pada pukul 13.45. Para peserta diberikan waktu selama 140 menit untuk memecahkan teka-teki yang telah disiapkan dan menyelesaikan setiap games yang ada di dalam pos.

Kegiatan ini sedikit mengalami masalah karena letak pos dari games yang cukup jauh dan rute yang diberikan menyebabkan beberapa peserta kelelahan. Melihat keadaan tersebut, panita memutuskan untuk memindahkan beberapa pos dan menggabungkan pos yang lainnya sehingga lokasi lebih memungkinkan untuk dijangkau.

Seusai bermain games Amazing Race, peserta kembali berkumpul di meeting point untuk melaksanakan sholat ashar dan berganti pakaian. Setelah itu, seluruh peserta bersama-sama mengumpulkan potongan puzzle yang telah mereka dapat dan berusaha untuk menyusunnya menjadi satu kesatuan yang utuh.

Namun, karena adanya keterbatasan waktu, kegiatan menyatukan puzzle tidak dapat diselesaikan dengan baik. Meskipun puzzle tidak berhasil terbentuk menjadi satu kesatuan yang utuh, namun para peserta tetap dapat memahami makna dari games tersebut. Di akhir kegiatan, Bang Ray sebagai perwakilan dari dosen yang hadir saat itu memberikan pesan dan nasehat bagi seluruh peserta, panitia, dan juga Psytroopers yang lain.

Pada pukul 18.30 hari semakin gelap dan mendung disertai gerimis hujan mulai turun sehingga perjalanan pulang dipercepat. Seluruh kegiatan segera diakhiri dan para peserta dibagi ke dalam 2 bus untuk bersiap kembali ke Kampus Anggrek. Pada pukul 20.30, seluruh peserta tiba di Kampus Anggrek dengan selamat dan kembali ke rumah masing-masing.

Penulis: Phoebe Aqilla, Aktivis Badan Informasi dan Komunikasi HIMPSIKO 2016


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close