People Innovation Excellence
 

Catat, Ini Lima ‘Soft Skill’ yang Kerap Ditanyakan Saat Interview

Mencari pekerjaan dewasa ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Selain terbatasnya lapangan kerja, kamu pun dituntut harus memiliki nilai akademis yang baik.

Tak hanya itu, kemampuan dalam berbagai aspek pun menjadi poin penting ketika seseorang masuk dalam lingkungan kerja baru. Ketika nilai akademis jeblok sementara kemampuan kamu dalam berbagai hal tidak begitu menonjol, maka kamu harus siap-siap tenggelam dalam persaingan dunia kerja yang kejam.

Tapi jangan pesimis dulu, meskipun kamu tidak memiliki nilai akademis yang mumpuni, setidaknya kamu masih bisa memiliki kesempatan untuk diterima bekerja jika kamu memiliki kemampuan dalam hal-hal berikut ini.

1. Kemampuan memimpin

Yakinlah, setiap orang mempunyai jiwa kepemimpinan dalam dirinya masing-masing. Mengapa? Karena hal tersebut bukan merupakan kemampuan yang dibawa sejak mereka dilahirkan.

Ada orang-orang yang bisa memaksimalkan kemampuan kepemimpinan mereka namun tak sedikit juga yang sulit untuk menemukan jiwa seperti ini. Tapi jangan salah, melatih jiwa kepemimpinan bisa dilakukan oleh setiap orang jika mau berusaha.Dengan memiliki jiwa kepemimpinan, seseorang bisa dengan mudah menginspirasi orang lain untuk lebih berfikiran maju.

2. Kerjasama tim

Sudah pasti, seseorang yang memiliki kemampuan memiliki kerjasama yang baik dengan rekan-rekan kerjanya akan bisa lebih menyelesaikan pekerjaan daripada yang bekerja secara personal. Karena antara satu pegawai dengan pegawai yang lain memiliki karakter yang beragam dan setia dengan egonya masing-masing, dibutuhkan sikap pengendalian diri yang baik dari setiap individu.

Memang sih, tidak mudah menjalin sebuah teamwork, namun bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan. Perbedaan pendapat bukan menjadi penghalang terciptanya sebuah kerjasama yang baik. Justru hal tersebut akan memperkaya wawasan setiap pegawai agar bisa menyelesaikan persoalan secara bersama-sama.

3. Public speaking yang bagus

Jika kamu seorang yang pemalu dan tidak merasa percaya diri berbicara di depan umum, bukan berarti kamu tidak bisa sukses. Memang sudah banyak bukti bahwa kemampuan publicspeaking bisa mempengaruhi seseorang agar bisa dengan mudah mengutarakan pendapat dan pemikirannya.

Kemampuan public speaking tidak serta merta didapat sejak mereka kecil, namun bisa dipelajari bahkan oleh mereka yang memiliki karakter ‘pemalu’ dan tertutup sekalipun.

4. Mudah melakukan adaptasi

Untuk meningkatkan fleksibilitas ketika bekerja, seseorang memang dituntut harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat. Kondisi lingkungan kerja yang berubah dengan cepat pula, menuntut seseorang agar bisa berbaur dengan rekan kerja agar kinerja bisa lebih optimal.

Bukan tidak mungkin, seseorang yang mudah melakukan adaptasi dengan lingkungan akan bisa cepat mencapai tujuan perusahaan yang selama ini diinginkan.

5. Kemampuan memecahkan masalah

Memang bukan perkara mudah ketika seseorang harus memecahkan sebuah permasalahan dalam dunia kerja. Ada hal-hal tertentu yang hanya bisa dilakukan orang-orang kritis yang memiliki kemampuan problem solving. Bukan hanya itu saja, seseorang yang memiliki kemampuan memecahkan masalah pun dituntut harus bisa mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi perusahaan.

Itulah sebabnya mengapa seorang yang memiliki kelebihan tersebut di atas sangat dicari oleh perusahaan meskipun nilai akademisnya tidak terlalu memuaskan.

Daripada berdiam diri di rumah tanpa melakukan kegiatan apa pun, latihlah kemampuan-kemampuan tersebut di atas agar pekerjaan bisa dengan mudah kamu dapatkan. Usaha dan doa menjadi penentu kamu keberhasilan kamu dalam kehidupan, termasuk dalam mendapatkan pekerjaan yang selama ini diinginkan.

 

Daftar Pustaka:

https://www.idntimes.com/life/career/iip-afifullah/soft-skill-yang-kerap-ditanyakan-saat-interview-c1c2/full


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close