People Innovation Excellence
 

Inflasi pada Bulai Mei diperkirakan 0.27 persen

Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi indeks harga konsumen (IHK) pada Mei 2017 sebesar 0,27 persen. Ini didasarkan pada survei pemantauan harga (SPH) yang dilakukan bank sentral hingga pekan kedua Mei 2017. Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyebut, inflasi IHK terkendali dengan baik. Bank sentral secara teratur melakukan survei di 82 kota di seluruh Indonesia.

Agus menjelaskan, dengan demikian secara tahunan inflasi IHK berada pada posisi 4,21 persen. Angka tersebut masih sejalan dengan target capaian inflasi yang dipatok bank sentral, yakni 4 plus minus 1 persen pada tahun 2017. Meskipun secara bulanan inflasi masih cukup rendah, namun Agus menyatakan masih ada faktor yang perlu diwaspadai.

Ia menuturkan, ada beberapa tekanan inflasi dari komoditas bawang putih, daging ayam, dan telur ayam. Selain itu, ada juga tekanan inflasi yang berasal dari komponen harga yang diatur pemerintah atau administered prices. Ini terkait dengan kenaikan tarif listrik.

“Tetapi komoditas lain seperti bawang merah, cabai merah itu malah menyumbang deflasi. Jadi kira harus sama-sama mewaspadai, ini mau bulan puasa dan biasanya ini bisa membawa tekanan,” jelas Agus.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :
http://kompas.com

Sumber Gambar :
https://google.com


Published at :
Written By
Ahmad Nagib
Activist | HIMME BINUS University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close