People Innovation Excellence
 

Langkah-Langkah Membangun Start-Up yang Sukses

 

Niat yang Kuat

Mustahil melakukan sesuatu tanpa niat , begitu pun dengan mengerjakan sesuatu dengan niat setengah-setengah. Hal tersebut juga sama dengan menjalankan bisnis, di perlukan niat yang sudah bulat untuk membuka sebuah bisnis. Anda harus siap dengan segala hambatan dan tantangan yang akan di lalui nanti nya. Jika tidak modal yang anda berikan akan hangus sia-sia. There is a will there is a way.

Tetapkan Ide Bisnis Anda

Tiap startup harus memfokuskan dirinya pada satu jenis usaha. Cara untuk menentukan ide bisnis adalah dengan memberikan solusi dan ide terhadap masalah yang ada saat ini. Memecahkan masalah merupakan sebuah ide bisnis yang baik. Tentu saja setiap orang memiliki passion nya masing-masing. Jika anda mengerjakan sesuatu yang bukan passion anda, tentunya anda akan lelah mengerjakanya. Misalnya anda memiliki passion di bidang olahraga, bukalah bisnis yang berhubungan dengan passion anda sendiri. Your passion will lead your way.Unik juga diperlukan supaya bisnis yang anda miliki dapat menawarkan sesuatu yang berbeda, yang selama ini belum pernah diberikan oleh para kompetitor anda kepada pelanggannya. Kalau hanya sekedar menawarkan produk atau layanan yang sama, akibatnya kita perlu bersaing harga dengan para kompetitor. Tapi, kalau kita punya sesuatu yang berbeda yang tidak dimiliki para pesaing, orang-orang pasti akan memilih kita, berapapun harga produk atau layanan yang dipatok.

Usaha yang  Legal Itu Lebih Baik

Jadikan usaha kamu sebagai usaha yang legal dan diakui secara hukum. Langkah awal tentukan struktur hukum, pilih nama untuk bisnis yang didirikan, setelah itu daftarkan nama ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual sebagai merek dagang resmi dan sah di mata hukum. Dengan begitu kamu akan bisa menuai keuntungan jangka panjang.

Selain kita bisa menjalankan bisnis dengan aman dan nyaman, pelanggan kita juga akan merasa lebih tenang jika membeli produk atau layanan dari bisnis yang sudah jelas legalitasnya, dibandingkan dengan membeli dari sebuah perusahaan tanpa izin usaha.

Bangun Tim yang Solid

Jika tujuan bisnis Anda telah ditetapkan, kini saatnya membangun sebuah tim yang solid. Dalam sebuah startup, mungkin bisa dibilang membangun tim adalah jalan langkah terbaik dibandingkan sendiri. Namun dalam mencari anggota,jangan asal memilih orang. carilah orang-orang yang:

  • Memiliki passion yang sama
  • Serius, bukan orang yang ikut rame-ramenya saja
  • Memiliki visi dan misi yang sama
  • Melakukan sesuatu untuk kepentingan bersama bukan kepentingan sendiri
  • SOLID satu dengan yang lain

Lakukan Tes Pasar

Cara ini sangat diperlukan untuk menguji dapat bertahan lama atau tidak nya start-up anda nanti. Jika anda tidak melakukan riset pasar, yang ditakutkan adalah bisnis start-up anda tidak akan bertahan lama. Selain itu tes pasar juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana produk yang akan dijual dibutuhkan oleh konsumen. Gunakan lah berbagai cara dalam melakukan tes pasar, bisa dengan internet ataupun survey langsung ke lapangan. Semakin banyak tes pasar yang anda lakukan semakin akurat data yang anda dapat.

Totalitas dalam Membesarkan Bisnis

Saat berbisnis, kita tak bisa setengah-setengah. Pastikan anda serius dan fokus untuk membangun bisnis ini. Artinya, kita harus benar-benar sepenuh hati terjun ke dalamnya secara konsisten dan tekun agar dapat menghadapi semua kendala yang mungkin muncul saat berbisnis.

Berdasarkan cerita para entrepreneur sukes, membangun sebuah usaha hingga sukses tidaklah mudah, selalu ada hambatan serta risiko kegagalan yang bisa datang kapan saja. Karena itulah, tetaplah semangat dan positive thinking, selama kita menjalankan bisnis dengan cara yang baik tentu akan selalu ada solusi dari setiap masalah.

Namun ketika setengah-setengah, usaha yang kita curahkan pun tak akan maksimal dalam mengembangkan usaha. Hasilnya, ketika menemui kegagalan kita akan mudah menyerah dan putus asa.

Triknya, tak perlu gengsi untuk belajar dan mengamati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama. Dengan memperdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, produk dan layanan yang dihasilkan pun bisa lebih inovatif.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

http://carainvestasibisnis.com/
https://www.cekaja.com/info/
http://www.bisniscoaching.com/

Sumber Gambar :

http://www.udyogmitrabihar.in/


Published at :
Written By
Jefri
Activist | HIMME BINUS University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close