People Innovation Excellence
 

WEBSITE-WEBSITE UNTUK BELAJAR PROGRAMMING DAN MATEMATIKA

Pada zaman sekarang ini, mulai bermunculan berbagai website yang menyediakan course yang dapat diakses secara gratis oleh banyak orang. Sehingga sekarang kita dapat dengan mudah belajar banyak hal secara online, tanpa harus membaca berbagai macam buku yang tentunya tidak sepraktis website-website ini. Kita bisa belajar Matematika, Biologi, Programming, Desain, dan banyak hal lainnya. Tingkat materi yang disajikan dalam website-website ini pun terdiri dari berbagai tingkat bahkan mencapai tingkat kuliah, sehingga kita dapat belajar tanpa harus kuliah tatap muka. Website-website ini juga dapat membantu para Mahasiswa untuk lebih mendalami dan memahami mata kuliah mereka.

Ada beberapa website yang dapat digunakan untuk belajar. Contohnya, Coursera (https://www.coursera.org/), yang merupakan website pembelajaran online terbesar dan paling banyak digunakan. Bahkan kita bisa mendapatkan sertifikat resmi dari universitas berbagai negara jika kita telah menyelesaikan proses belajar kita di website Coursera tersebut. Contoh lainnya adalah Khan Academy (https://www.khanacademy.org/), Alison (https://www.alison.com/), dan OpenCulture (https://www.openculture.com/). Kalian dapat belajar Matematika dan Programming secara gratis melalui ketiga website tersebut. Selain itu, banyak juga website Online Learning yang khusus fokus ke satu materi saja, berikut beberapa contohnya:

 

Khusus Programming:

  1. Code Academy (https://www.codeacademy.com/)

    Code Academy adalah salah satu website yang paling terkenal dan juga paling banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin belajar programming. Di website ini, kalian dapat langsung mempraktekan kode-kode yang kalian pelajari sehingga kalian tak perlu membuka software-nya lagi untuk dapat mencoba coding. Kalian tidak akan coding secara buta, karena ada banyak instruksi yang diberikan dan jika kalian melakukan kesalahan dalam peng-coding-an, akan ada notifikasi yang memberitahu kalian akan kesalahan yang kalian lakukan. Di website ini, kalian dapat belajar HTML, CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Ruby, Python, dan API.

  2. Code Avengers (https://www.codeavengers.com/)

    Code Avengers didesain untuk mengajarkan kalian secara menyenangkan. Di website ini, kalian dapat belajar Javascript, HTML, dan CSS. Sayangnya, di website ini kalian harus melakukan pembayaran untuk dapat mengakses materi-materi pelajaran yang disediakan.

  3. Code School (https://www.codeschool.com/)

    Sudah selesai mempelajari dasar-dasar Bahasa Pemrograman? Jika kalian ingin lebih jauh mengembangkan kemampuan programming kalian, maka Code School adalah salah satu pilihan kalian. Di Code School, kalian dapat mempelajari Bahasa Pemrograman secara lebih mendalam dan lebih rumit, jauh lebih rumit dibandingkan Code Academy. Kalian dapat belajar HTML5, CSS, CSS3, jQuery, Ruby, Ruby on Rails, dan iOS. Kebanyakan pelajaran yang disediakan gratis, namun ada beberapa pelajaran yang mengharuskan kalian untuk membayar sebelum dapat mengakses materi pelajaran

  4. Treehouse (https://www.teamtreehouse.com/)

    Jika website-website di atas lebih mengarah ke language-oriented learning, maka Treehouse lebih mengarah ke project-oriented learning. Artinya, di sini kalian belajar dengan cara mengerjakan projek-projek, mulai dari membuat website hingga membuat game. Ada yang mudah, dan ada juga yang sulit. Di sini kalian dapat belajar HTML, CSS, CSS3, JavaScript, jQuery, Ruby, Ruby on Rails, iOS, Android, UX, dan Database. Materi-materi di Treehouse dibagi menjadi beberapa stage yang berbeda, sayangnya materi yang gratis hanya materi-materi yang berada di stage pertama, selain itu kalian harus membayar

  5. Udacity (https://www.udacity.com/)

    Udacity adalah kumpulan video-video tutorial yang dibuat oleh para profesional. Website ini cocok bagi orang-orang yang lebih senang mendengarkan penjelasan dibandingkan membaca. Setelah kalian menonton video yang ada, kalian dapat mengikuti kuis untuk menerapkan apa yang sudah kalian pelajari. Di Udacity kalian dapat belajar Web Development, HTML5, Python, Java, Computer Science, Algorithm, dan AI.

  6. CodeHS (https://www.codehs.com/)

    Code HS adalah sebuah website pembelajaran game programming yang menggunakan cara problem

  7. SQLZOO (https://www.sqlzoo.net/)

    SQLZoo adalah website khusus untuk belajar SQL

 

Khusus Matematika:

  1. MathWay (https://www.mathway.com/)

    Mathway adalah salah satu website Matematika terbaik yang dapat memecahkan persoalan Matematika apapun. Mathway memiliki banyak tutorial dan alat matematika yang dapat membantu pelajar untuk belajar dengan lebih mudah. Di website ini, kalian dapat belajar Matematika Dasar, Pra-Aljabar, Aljabar, Trigonometri, Pra-Kalkulus, Kalkulus, dan Statistika.

  2. Math (https://www.math.com/)

    Math juga merupakan website terkenal yang memiliki banyak tutorial dan alat penghitungan Matematika.

  3. PurpleMath (https://www.purplemath.com/)

    PurpleMath dibuat untuk mengajarkan Aljabar secara mendalam

Re-post (2016)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close