People Innovation Excellence

Tips and Trick Pembuatan Website

Oleh : Ulva Dewiyanti

             Di era digital saat ini penggunaan website dapat memberikan banyak manfaat serta keuntungan bagi sebuah bisnis, perusahaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Website adalah salah satu alat penunjang, sebagai media untuk mendapatkan informasi dan promosi di dunia internet: personal, profil sekolah, profil perusahaan, berita, bisnis, dan semua hal yang dibutuhkan manusia dapat diakses melalui internet. Dengan adanya website kita dapat dengan mudah menyebarkan dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan, sebagai media untuk memperkenalkan seseorang, sekolah, perusahaan, dan lembaga lainnya kepada dunia, serta sebagai salah satu indikator kredibilitas bagi personal, lembaga pendidikan, perusahaan, dan lainnya.

             Berikut ini adalah 4 hal yang harus diperhatikan ketika membuat sebuah website:

1. Penggunaan teks

             Penggunaan teks atau sering kita sebut dengan typhografi harus menjadi salah satu yang kita beri perhatian lebih. Karena penggunaan teks yang cocok dengan website akan memberikan nilai tambah untuk website kita. Kita harus tahu jenis teks apa yang kira – kira cocok dan pas dengan website kita. Seperti ketika website kita berbasis toko online anak atau remaja, kita bisa memilih jenis teks atau font yang fun, ceria dan tidak membosankan jika dibaca oleh kalangan mereka. Begitu juga ketika website kita menjurus ke hal yang serius seperti website perusahaan, kita bisa memilih jenis teks yang sedikit lebih serius dan terlihat konsisten.

2. Penggunaan warna

             Warna, komponen penting yang satu ini tidak dapat dipisahkan ketika Anda sedang merancang pembuatan sebuah website. Sama halnya dengan penggunaan teks, warna juga harus sesuai dengan jenis dan fungsi dari website kita. Pemilihan warna memang biasanya melibatkan selera dari si pembuat. Namun, kita tidak bisa menjadi individual ketika ingin menciptakan dan memberikan sesuatu kepada orang banyak. Kita harus sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan orang banyak. Terlebih jika website tersebut seperti toko online. Kita harus sesuaikan dengan target pasar yang akan kita tuju.

3. Tata Letak

             Untuk membuat sebuah website yang tidak hanya menarik, tetapi juga informatif, kita perlu tahu dulu tentang ingin desain seperti apa websitenya nanti, dan ingin digunakan untuk apa websitenya nanti. Ini akan membantu seorang web desainer dan developer website untuk membuat dan mengembangkan websitenya. Seperti yang sedang trend seperti sekarang ini, yaitu web responsif. Seorang desainer web dan web programming harus mampu bekerjasama dengan baik untuk membuat dan menentukan setiap tata letak dari konten – konten didalam website tersebut. Untuk sebuah toko online, tata letak sangat menentukan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja di website tersebut. Konten yang dibuat harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar tidak menggunakan ruang yang tidak dibutuhkan.

4. Tampilan Website

             Untuk membuat website diingat oleh user maka website harus memilki keunikan atau perbedaan dari website lainnya. Tampilan suatu website harus terlihat rapi, bersih, dan juga informatif. Suatu website juga harus ergonomis. Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

http://jayaweb.com/artikel/desain-web/67-tip-dan-trik-membuat-desain-web-dan-website.html

http://mebiso.com/5-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-membuat-website/

https://sites.google.com/site/buatwebsite99/manfaat-website-secara-umum

http://www.kompasiana.com/genpromo/fakta-yang-harus-diperhatikan-dalam-membuat-website_54f73c93a333112d738b47d2

 

Sumber Gambar :

webstuffguy.com/images/atlanta%20website%20design-webstuffguy.png?crc=3972619591


Published at :
Written By
Ulva Dewiyanti
Staff | HIMMAT
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close