People Innovation Excellence

TRAINING PROACTIVITY WITH SAC

Oleh: Budi Kosasih Halim

    Pada tanggal 16 Maret 2017, HIMMAT bekerja sama dengan SAC Binus University telah mengadakan training softskill yang dibawakan oleh Kak Indah Kurrota Aini, S.Psi. Materi pada training kali ini adalah Proactivity. Lalu, apa itu sebenarnya proactivity?

        Proactivity dapat diartikan sebagai tindakan manusia atau bagaimana cara seseorang untuk menanggapi hal-hal atau respon yang datang kepada dirinya. Seseorang dapat dikatakan sebagai orang dengan sifat seperti ini adalah mereka yang mampu menganalisa keadaan yang ada dan menanggapi respon yang datang dengan tindakan yang tepat. Pada kesempatan kali ini, kami mempelajari bahwa ada 2 sifat terkait hal ini, yaitu reactive dan proactive.

          Berikut adalah respon-respon yang biasanya akan muncul:

Reactive Proactive
Saya akan coba Saya akan lakukan
Saya harus melakukannya Saya memilih untuk melakukannya
Dia membuat saya marah Saya dapat mengontrol emosi saya
Saya tidak dapat melakukannya Banyak cara untuk melakukannya

      Kalau dilihat dari reaksi yang diberikan, seseorang yang reactive cenderung memberikan respon-respon yang kurang baik dan terasa tidak meyakinkan. Namun, seseorang tidak sepenuhnya memiliki sifat reactive dan juga sebaliknya. Hal ini juga dapat disebabkan dari berbagai faktor, salah satunya adalah faktor “Lingkungan Kepedulian” yaitu hal-hal yang mungkin kita pedulikan namun hanya sedikit yang bisa kita pengaruhi atau bahkan tidak bisa sama sekali, seperti warna kulit, dosen, dan cuaca.

           Kak Indah memberikan penjelasan bagaimana lingkungan kepedulian dapat mempengaruhi kepribadian, sifat, mental, dan tindakan kita selanjutnya. Namun, beliau menjelaskan bahwa kita harus bisa membuat faktor luar tersebut seminim mungkin dengan cara memperluas “Lingkungan Pengaruh”. Lingkungan pengaruh adalah hal-hal dan perilaku diri kita yang dapat kita pengaruhi melalui pilihan yang kita buat, seperti kepercayaan diri, ide, dan kreativitas diri.

        Tentunya di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, namun kembali kepada diri manusia itu sendiri. Karena setiap manusia memiliki pikiran, hati nurani, dan kehendak bebas untuk menentukan pilihannya sendiri.


Published at : Updated
Written By
Budi Kosasih H.
PRI COORDINATOR | HIMMAT
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close