People Innovation Excellence

HIMMAT BINUS di SILATA I IKAHIMATIKA

       Oleh: Hansel Setiadi

        Silaturahmi Antar Kota (SILATA) adalah sebuah acara yang diadakan oleh IKAHIMATIKA (Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika), di mana semua anggota yang tergabung dalam IKAHIMATIKA, khususnya wilayah III, dapat berkumpul dan bersilaturahmi. SILATA I diadakan di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dan diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika UMMI (HIMAPEKA UMMI).

        Pada SILATA kali ini, HIMMAT BINUS mengirimkan 2 mahasiswa sebagai delegasi, yaitu Hansel Setiadi dan Andree Sulistio Chandra. Kami mengawali perjalanan menuju UMMI dengan menggunakan kereta, dan dilanjutkan dengan mobil. Memasuki pukul 11.00, SILATA diawali dengan beberapa kata sambutan dari ketua HIMAPEKA UMMI, ketua Prodi Pendidikan Matematika UMMI, koordinator IKAHIMATIKA wilayah III dan secara resmi dibuka oleh rektor UMMI, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd.

        Setelah beberapa rangkaian acara pembukaan, SILATA dilanjutkan dengan talkshow oleh dosen PMTK UMMI, Eka Novarina, M.Pd., dengan tema “Technopreneurship dan Aplikasi Matematika dalam Era Modern”. Materi yang dibawakan cukup penting dan menarik, dimana di era modern ini, teknologi semakin berperan dalam dunia kerja dan bagaimana matematika dapat menguasai seluruh bidang kerja, termasuk bagian teknologi.

        Setelah talkshow, acara berikutnya adalah perkenalan tentang IKAHIMATIKA. Di sini dijelaskan apa itu IKAHIMATIKA, visi dan misinya, bagaimana sejarahnya, siapa saja pengurusnya, bagaimana pembagian wilayahnya, dan juga bagaimana proses kaderisasinya. Selesai pengenalan IKAHIMATIKA, acara dilanjutkan dengan break yang cukup panjang. Selama break, kami dapat saling berkenalan dengan himpunan-himpunan Matematika dari universitas lain.

        Istirahat pun berakhir, seluruh peserta dibagi menjadi 10 kelompok untuk melakukan sharing antar himpunan. Adapun topik yang kami bagikan berupa: suka duka di himpunan, program-program kerja yang diadakan oleh himpunan pada periode tahun ini serta masalah-masalah yang sering terjadi di himpunan. Selain itu, kami juga saling berbagi perbedaan-perbedaan jurusan dan mata kuliah yang diambil. Lalu dilanjutkan dengan perkenalan seluruh himpunan peserta SILATA dan delegasinya. Perkenalan cukup lama dan panjang karena total ada 120 peserta dari 22 himpunan. Setelah perkenalan, seluruh peserta kembali ke ruang kelas untuk istirahat.

        Hari berganti, SILATA dilanjutkan kembali. Kami dibangunkan kira-kira pukul 05.00 dan memulai hari dengan senam pagi. Setelah senam kami kembali dibagi menjadi beberapa kelompok yang berbeda dari hari pertama, untuk kegiatan sosial. Kegiatan sosial yang diadakan berupa mengajak anak-anak yang berkumpul di taman Merdeka, dan sosialisasi mengenai pentingnya membaca dan pentingnya Matematika. Situasi di taman Merdeka sangat ramai sehingga tidak sulit untuk mengumpulkan anak-anak. Setelah sosialisasi pun kami kembali ke UMMI untuk persiapan pulang.

        Waktu menunjukan pukul 11.00 siang dan acara diakhiri dengan penutupan oleh Koordinator Wilayah III, Wahid Nugraha. Acara pun selesai, kami pun kembali ke Jakarta. Terima kasih kepada HIMAPEKA UMMI, HIMATIKA yang ikut bergabung maupun belum dapat bergabung di SILATA, dan tentunya IKAHIMATIKA. Benar-benar pengalaman yang banyak manfaatnya, terutama untuk HIMMAT BINUS. Semoga dengan diadakannya SILATA, HIMMAT BINUS dapat menambah dan menjalin hubungan dengan HIMATIKA dari universitas lain.

        SATU KATA UNTUK IKAHIMATIKA!!! JAYA!!

        DUA KATA UNTUK IKAHIMATIKA!!! JAYA SELALU!!

        TIGA KATA UNTUK IKAHIMATIKA!!! JAYA SELALU!! MERDEKA!!

 


Published at : Updated
Written By
Hansel Setiadi
Chariman | HIMMAT
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close