People Innovation Excellence
 

Microchip Pengganti Sonar untuk Survei

Salah satu pemetaan yang digunakan dalam kelautan adalah pemetaan batimetri, dalam rangka penyediaan informasi spesial untuk kegiatan, perencanaan, dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan informasi di bidang kelautan dan oceanografi. Pemetaan ini dapat dilakukan dengan berbagai teknologi dan metode, salah satunya teknologi akustik.

Penerapan teknologi akustik menggunakan alat side scan sonar dan echosounder untuk melakukan pengumpulan data posisi dan situasi dalam survei hidrografi.

Multibeam echosounder dan side scan sonar yang digunakan dalam survei dan pemetaan termasuk dalam jenis pemetaan tematik.

Untuk pengolahan miltibeam echosounder dan side scan sonar digunakan software yang disebut Triton Isis dan Caris Hips dan Sips.

Side scan sonar dan multibeam echosounder memberikan informasi tentang keadaan dasar laut, sehingga data tersebut dapat digunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan perencanaan dan pembangunan infrastruktur dasar laut. Namun demikian, masih dirasakan betapa mahalnya alat yang digunakan untuk kegiatan survei dan pemetaan.

Untuk itu, penulis memberikan ide untuk menciptakan alat yang kegunaannya sama dengan sejenis sonar dan echosounder, yang harganya jauh lebih rendah dan berukuran kecil. Ide tersebut, sejenis microchip yang dapat terhubung dengan internet atau satelit.

Daftar Pustaka
https://amp.suara.com/yoursay/2019/09/01/170542/tak-terlalu-mahal-inilah-microchip-pengganti-sonar-untuk-survei


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close