People Innovation Excellence
 

Ubah Gaya Hidupmu untuk Mengusir Insomnia

Ubah Gaya Hidupmu untuk Mengusir Insomnia

Source Gambar : https://assets.dokterbabe.com/cache/images/0/0/artikel/2017/10/XM1Pcd0kt3rBa8e1508223377.jpg

Cara mengatasi insomnia yang dapat bertahan lama adalah dengan perubahan gaya hidup. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidur lebih nyenyak.

  1. Tidur Teratur

Tidur dan bangunlah di waktu yang sama setiap harinya termasuk di akhir minggu agar jam biologis tubuh bekerja optimal. Dan hindari tidur siang lebih dari 20 menit agar tidur malam tidak terganggu.

  1. Buat Kondisi Kamar Nyaman

Keadaan yang baik untuk tidur adalah dengan cahaya minim atau gelap, suhu sejuk (tidak panas atau dingin), dan sunyi. Kamu bisa menggunakan penutup mata atau menyalakan penyejuk ruangan dengan suara mesin yang tidak berisik untuk mendapatkan suasana nyaman.

  1. Hindari Paparan Cahaya dari Alat Elektronik Sebelum Tidur

Alat elektronik (komputer, hp, dan lainnya) memancarkan cahaya buatan yang memberi sinyal agar otak tetap terjaga.

 

  1. Melakukan Kegiatan Pengantar Tidur

Kamu bisa melakukan sesuatu yang membuat kamu mengantuk seperti mendengar musik bertempo lambat, mandi air hangat, melakukan olahraga ringan, atau membaca buku.

  1. Hindari Makan Berat Menjelang Tidur

Makanlah 3-4 jam sebelum tidur dan bila tetap lapar cukup pilih camilan ringan. Seperti susu hangat, atau biskuit.

  1. Hindari Asupan Kafein, Nikotin, dan Alkohol

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, dan nikotin di dalam rokok adalah stimulan yang membuatmu terjaga. Selain itu, minum alkohol dapat menyebabkan kamu terbangun di tengah malam.

 

  1. Buat Daftar Kegiatan untuk Esok Hari

Jika kamu mengkhawatirkan banyak hal, lebih baik tulis apa yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut sehingga tidak perlu gelisah sepanjang malam.

  1. Hindari Tidur Siang

Jika kondisi insomniamu cukup berat, hindari tidur siang terlebih dahulu. Terkadang tidur siang hari dapat membuatmu sulit terlelap pada malam harinya.

Selain itu, jika kamu tidak teratur melakukannya di siang hari. Tidur siang dapat mengganggu jadwal tidur teraturmu.

  1. Kondisikan Kamar Dengan Semestinya

Agar bisa tidur lebih nyenyak, cobalah untuk mengondisikan ranjang hanyalah sebagai tempat beristirahat. Hindari untuk melakukan kegiatan lain jika Anda tidak bisa tidur nyenyak. Jika saat berbaring Anda merasa tetap tidak bisa tidur, keluarlah dari kamar dan coba lakukan kegiatan lain seperti membaca di ruangan lain.

Prinsip ini banyak digunakan dalam proses pengobatan insomnia. Fungsi dari prinsip ini sebenarnya, agar kamu selalu berpikir bahwa kamar hanya berfungsi untuk tidur.

  1. Kunjungi Dokter

Cara mengatasi insomnia yang berat dapat dilakukan dengan mengunjungi dokter. Dokter dapat memeriksa kondisi Anda dan memastikan apakah Anda membutuhkan terapi dengan obat.

Insomnia yang tidak segera diatasi dapat memengaruhi kondisi kesehatanmu. Kembalikan tidur nyenyakmu dengan melakukan beberapa cara mengatasi insomnia di atas.

Jika kondisimu tidak kunjung membaik, segera konsultasikan hal tersebut ke dokter. Agar kamu mendapatkan penangan yang tepat.

Source : https://www.yesdoc.co.id/artikel/cara-mengatasi-insomnia/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close