People Innovation Excellence

Hal-Hal Yang Harus Kamu Ketahui Saat Bertemu Dengan Orang Jepang Untuk Pertama Kali

Penulis: Rizky Adilia Putra
NIM: 2001609770

 

Halo minna-san! Kalian pasti suka bertemu orang Jepang, kan? Mau foto-foto bareng orang Jepang? Atau bahkan berteman dengan mereka? Eits tunggu dulu, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui lho kalau baru pertama kali bertemu orang Jepang!

Orang Jepang asli itu nggak bisa disamain dengan Anime minna-san, seringkali kita mengira bahwa karakter-karakter di Anime itu merupakan refleksi orang dari Jepang sebenarnya. Hampir semua orang Jepang itu sangat menjaga privasi mereka, terutama dengan orang asing seperti kita ini. Jadi apa aja sih yang kalian harus ketahui? Simak ulasannya dibawah ini ya!

  1. Menanyakan umur ke orang Jepang itu gak sopan

Kalian jangan pernah coba menanyakan umur kepada orang Jepang yang baru kalian temui, selain tidak sopan, umur adalah hal yang cukup sensitif bagi orang Jepang. Mungkin mereka akan tetap menjawab, tapi mereka akan merasa kalian terlalu kepo kalau menanyakan umur dan membuat mereka tidak nyaman, lagipula buat apa tanya umur? Kecuali kalian sedang melakukan tugas dengan melakukan wawancara secara formal kepada orang Jepang.

2. Jangan langsung minta akun medsos mereka

Tau nggak sih kalo Jepang itu pengguna media sosial ke empat terbesar di dunia? Yang berarti banyak orang Jepang yang aktif bermedsos ria. Tapi ini nggak berarti kalian bisa seenaknya meminta nama akun medsos mereka, karena akun medsos pun juga menjadi privasi mereka. Walaupun begitu, kebanyakan dari mereka bahkan tidak memakai nama asli dalam akun medsos mereka, dan juga tidak seheboh dan sebawel pengguna medsos di Indonesia, minna-san!

3. Minta izin dulu kalau mau foto dan upload ke medsos

Seperti pada umumnya kita saat meminta foto dengan orang asing, kita pastinya harus meminta izin dulu apakah mereka mau difoto atau nggak. Orang Jepang itu agak berbeda, seperti yang sudah kita lihat sebelumnya, mereka sangat menjaga privasi mereka, bahkan sampai foto! Kalau kalian ingin foto bareng sama orang Jepang, kalian harus memastikan hal-hal berikut minna-san:

  1. Apakah mereka mau difoto?
  2. Tanyakan kepada mereka apakah wajah mereka perlu diblur?
  3. Apakah foto mereka boleh diupload ke media sosial?

Tujuannya adalah agar orang Jepang tersebut merasa aman dengan identitas mereka, karena mereka tidak ingin wajah mereka tersebar dan juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi tenang aja minna-san, gak semua orang Jepang kayak gitu kok, banyak juga  yang gak keberatan difoto-foto bebas.

4. Pilihlah topik pembicaraan yang nggak menyinggung

Sudah jadi pengetahuan umum kalau setiap negara pasti memiliki hal-hal yang tidak boleh dibicarakan atau hal yang dapat menyinggung warga negara tersebut. Jepang sebagai contoh, adalah negara yang orang-orangnya sangat menjaga privasi dan menjunjung tinggi kesopanan, apalagi dalam berbicara.

Saat kalian ingin mengobrol dengan orang Jepang yang baru kenal, carilah topik pembicaraan yang umum dan tidak menyinggung mereka. Jangan pernah membicarakan hal-hal yang bersifat personal, seperti menanyakan umur, menanyakan apakah punya pacar atau sudah menikah, dan hal-hal yang sekiranya menyinggung pribadi mereka.

Membicarakan sejarah Jepang dengan orang Jepang juga harus berhati-hati lho minna-san, karena orang Jepang sangat sensitif pada sejarah terutama Perang Dunia 2. Mungkin maksud kalian memang sebatas penasaran aja, tapi disinilah kalian harus banyak belajar tentang Jepang, karena ketidaktahuan kalian bisa jadi petaka dan berakhir menyinggung perasaan orang Jepang.

Itulah hal-hal yang harus kalian ketahui minna-san! Menarik bukan? Dengan ini kalian akan tau hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bertemu orang Jepang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian!


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close