People Innovation Excellence
 

Berbagai Macam Karakter Dari Satu Suara, Itulah Seiyuu!

Penulis: Ananta Putra Kharisma Ramadhan
NIM : 2101708241

Pasti kalian pernah menonton Anime kan? Anime adalah sebuah animasi digital 2 dimensi yang bergerak layaknya sebuah film. Pastinya di dalam sebuah Anime terdapat karakter yang banyak dan memiliki suara. Apa kalian tau nama pekerjaan untuk mengisi suara di karakter Anime? Seiyuu adalah nama pekerjaan tersebut. Mau tau lebih lengkapnya? Yuk kita bahas apa itu Seiyuu!

Seiyuu atau dalam bahasa inggris disebut dengan Voice Actor adalah sebuah pekerjaan yang pada dasarnya hanya menggunakan suara dari mulut untuk membuat suara yang berbeda-beda. Jika kita lihat sejarahnya, pada awalnya Voice Acting ini dikenal lewat radio lho ternyata. Pada tahun 1925, sebuah stasiun radio di Jepang menampilkan sebuah acara drama yang bisa di dengarkan lewat radio dan orang-orang yang mengisi suara di acara itu disebut dengan Seiyuu yang merupakan Seiyuu pertama di Jepang.

Seiring berjalannya waktu, pekerjaan ini menjadi banyak peminatnya. Sekitar tahun 1960an, pada saat itu banyak sekali film yang masuk dari luar Jepang. Kemudian film-film tersebut didubbing menjadi bahasa Jepang yang dilakukan oleh para Seiyuu pada masa itu. Walaupun pada akhirnya film-film dari luar tidak boleh ditayangkan ditelevisi di Jepang, tahun 1960an dan 1970an dianggap sebagai salah satu masa keemasan Seiyuu.

Pada era modern ini, banyak Seiyuu yang melakukan Voice Acting di dalam Anime-Anime. Para Seiyuu ini bukan hanya bisa mengisi satu suara karkter saja lho! Ada banyak Seiyuu yang mengisi suara hingga lebih dari 15 karakter dan pastinya setiap karakter memiliki suara yang berbeda antara satu dan yang lainnya.. Pekerjaan ini juga bukan pekerjaan yang mudah lho! Setiap Seiyuu harus bisa menyesuaikan suara mereka dengan karakter yang diperankan dan itu bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan.

Nah itulah sedikit sejarah dan penjelasan tentang Seiyuu. Karena adanya Seiyuu menonton anime jadi lebih menarik serta membuat karakter dari Anime tersebut menjadi lebih hidup. Bagaimana? Ada yang tertarik menjadi Seiyuu juga? Di Indonesia juga ada lho pengisi suara dubbing Anime dari Jepang. Namun, walaupun sudah berkurang mungkin di masa yang akan datang Anime akan mengisi pertelevisian Indonesia lagi dan kalian bisa menjadi Seiyuunya.

Sekian artikel kali ini, ya!


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close