People Innovation Excellence

Workshop Dubber

皆さん こんいちは!

Belum lama ini Sastra Jepang BINUS kedatangan tamu special nih, ia seorang Dubber senior yang sudah mengisi suara berbagai karakter selama beliau menjalankan karirnya. Pernah mendengar nama Agus Nurhasan? Iya. Beliaulah yang hadir sebagai pembicara di acara Workshop Dubber tersebut.

 

Sebagai pembukaan, Kak Agus memperkenalkan dirinya dan berbagi beberapa karakter yang telah diisi suaranya. Salah satunya merupakan karakter Suneo dari kartun Doraemon. Semua pasti tahu dong kartun Jepang Doraemon. Setelah perkenalan diri, Kak Agus memberikan pengajaran mengenai teknik-teknik yang perlu dilakukan oleh seorang Dubber. Salah satunya latihan vokal.

Selanjutnya Kak Agus mengajari beberapa teknik lainnya yang perlu dikuasai seorang Dubber. Namun, workshop tersebut bukan hanya sekedar presentasi saja. Sebagai tambahan aktivitas untuk membuat acara lebih meriah, beberapa volunteer maju kedepan untuk mencoba seperti apa sih serunya menjadi seorang dubber. Kak Agus menggunakan potongan episode dari film Doraemon sebagai bahan pengisian suara.

Selanjutnya selain menjadi volunteer dubber, beberapa volunteer lainnya maju untuk mencoba menjadi pengisi suara drama radio. Pada dasarnya tetap sama. Seperti yang dikatakan Kak Agus, seorang pengisi suara harus mampu menguasai berbagai warna suara yang seorang dubber miliki. Hanya saja kita yang harus menggali setiap potensi yang kita miliki. Lalu kunci kedua yang harus dikuasai yaitu menguasai ekspresi emosi. Seorang dubber harus mampu mengikuti pengucapan pada saat seseorang mengalami emosi, seperti pengucapan pada saat seseorang menangis, marah, dan emosi-emosi lainnya.

Sebagai akhir dari bahan presentasi, tidak sedikit pertanyaan dari peserta yang menghujani sesi tanya jawab. Bahkan seorang dosen Sastra Jepang pun ikut bertanya. Dan sebagai penutup dari seluruh kegiatan workshop, Daniel Sensei selaku dosen senior dari jurusan Sastra Jepang maju memberikan sourvenir kepada Kak Agus.

 

Dan inilah akhir cerita kegiatan workshop dubber. Semoga kalian para reader  ikut merasakan serunya acara tersebut.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close