People Innovation Excellence

Share to Care Ketiga 2017

By Kavita Komala

Minggu ketiga penuh warna

Apakah semuanya masih ingat dengan acara Share to Care minggu lalu? untuk mengingatkan, Share to Care adalah kegiatan kolaborasi Antara Himpunan Mahasiswa Desain Interior (HIMDI) dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMPGSD) sebagai bentuk Pengabdian Pada Masyarakat. Pada tanggal 14 Mei 2017 kami kembali bertemu dan berbagi ilmu pada anak-anak panti asuhan Chaerunnissa. Pada minggu ketiga, kami mempraktekan materi Teori Warna minggu sebelumnya.

Tentang pohon dan melestarikan lingkungan

Pada minggu ketiga, tema materi yang disampaikan adalah Go Green. Setelah bermain sebentar bersama panitia, kami semua duduk bersama dan menyaksikan video tentang manfaat pohon dan pentingnya menjaga lingkungan. Banyak sekali manfaat pohon bagi manusia dan lingkungan. Setelah menonton video, panitia memberikan materi tentang Tumbuhan Hortikultura beserta cara penanaman dan perawatannya. Anak-anak panti asuhan menjadi antusias dan tertarik untuk melestarikan lingkungan dengan penerapan tumbuhan hortikultura.

Mengasah ketangkasan dan kecermatan dengan menyenangkan

Setelah sesi pemberian materi, panitia mengajak anak-anak panti asuhan untuk bermain “Nilai Mata Uang”. Anak-anak bersama panitia memiliki harga uang rupiah yang berbeda-beda. Kemudian Novi, salah satu panitia akan bercerita singkat sambil menyebutkan harga-harga dalam ceritanya. Setiap penyebutan sebuah harga, panitia dan anak-anak panti langsung berebut membentuk kelompok hingga mempunyai jumlah harga yang disebutkan oleh Novi.

Praktek Teori Warna minggu sebelumnya

Sesi pembuatan prakarya minggu ketiga sangatlah menarik untuk dilakukan, anak-anak dan panitia membuat pot dari botol plastik bekas untuk kemudian diisi tumbuhan hidroponik untuk minggu berikutnya. Setelah menyusun dan membolong-bolongi botol plastik bekas, anak-anak dapat mempraktekan pemcampuran warna dan mewarnai pot-pot botol tersebut dengan cat. Semua warna yang dihasilnya hanya menggunakan cat warna primer saja 😉

  

Mengulas kembali

Sama seperti minggu sebelumnya, di akhir acara Share to Care kami membersihkan dan merapikan kembali tempat yang kami pakai lalu duduk bersama untuk mengulas kembali materi dan keterampilan yang didapat hari itu. Untuk minggu terakhir Share to Care, anak-anak akan kami ajak untuk menanam tumbuhan hidroponik pada pot-pot botol bekas yang sudah mereka hias. Sampai jumpa pada minggu terakhir Share to Care!


Last updated :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close