People Innovation Excellence
 

Tips dalam Memilih Kayu Jati sebagai Bahan furniture

Kayu jati merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kayu. Tentunya dalam menghasilkan furniture yang berkualitas juga harus menggunakan bahan kayu yang berkualitas, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih bahan yang sesuai.  Memahami bagaimana memilih kayu jati gelondong  sangatlah penting, khususnya bagi industri permebelan. Sebab jika ada sedikit  kesalahan dalam memilih kayu gelondong saja akan  memiliki dampak yang sangat besar dan berpengaruh pada perhitungan dan  proses pengerjaan furniture itu sendiri. Bahkan tidak sedikit industri mebel kayu gulung tikar hanya karena salah dalam memilih dan salah memperhitungkan  kayu gelondong tersebut. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya masalah seperti itu, berikut beberapa tips dalam memilih kayu gelondongan.

1. Pilihlah kayu Jati yang bulatnya hampir sempurna.

Sebab kayu jati yang bulatnya hampir sempurna artinya memiliki tingkat kesatuan baik . Karena jika dilihat secara fisik jati berupa log memiliki bentuk yang berbeda-beda, tapi pilihlah yang memiliki lingkar yang hampir sempurna.

Jika ada yang berbentuk seperti buah belimbing  janganlah dipilih, sebab volume kayu yang dipanen jika  kayu berbentu belimbing akan berkurang banyak pada saat digergaji atau melalui proses lainnya, hal tersebut dikarenakan banyak bagian dari kayu jati ituyang tidak akan bisa digunakan secara penuh. Namun hal itu akan berbeda jika memilih kayu yang memiliki bentuknya kebulatan hampir sempurna, karena volume kayu yang dapat gunakan ketika kayu tersebut digergaji menjadi papan akan lebih jelas hasilnya dan lebih maksimal, serta akan meninggalkan sampah yang lebih sedikit. Jadi perhatiakan bentuk kayu jati itu sendiri sebelum memutuskan untuk membelinya.

2. Pilih Kayu Yang Memiliki Gubal Yang Kecil

Kayu jati yang baik adalah yang memiliki gubal kayu kecil, dan ketebalan gubal masih dapat ditoleransi adalah kurang dari 3 cm untuk ukuran kayu gelondongan besar, dan apabila gubal pada kayu glondong pilihan kita sangatlah tebal, kalau bisa cari yang lain saja, karena  hal tersebut dapat menurangi masa pakai kayu.

3. Pilihlah Kayu Jati Yang Memiliki Sedikit Benjolan Pada Batangnya.

Hal ini sangatlah penting, sebab benjolan pada batang kayu adalah mata. Hal tersebut hanya dapat dilihat  jika kayu sudah melaui proses pengrajian menjadi berupa papan. Kayu jati yang memiliki banyak sekali mata adalah karakteristik dari kayu kurang yang baik, karena kayu yang memiliki banyak mata kemungkinan pecah dan retak yang akan lebih tinggi dari pada yang tidak, dan juga mengurangi keindahan dari urat kayu tersebut.

4. Pilih Kayu Kering.

Kayu kering umumnya sudah melaui proses oak, namun harganya akan lebi mahal, untuk itu memilih kayu gelondongan kering bukanlah pilihan utama. Sebab ketika kita mendapat kayu gelondongan yang masih basah dapat tetap kita gunakan yaitu dengan melalui proses pengeringan dengan menggunakan  oven khusus kayu. Namun, sebelumnya  kayu harus sudah digergaji atau sudah diolah menjadi papan atau lembaran, baru kemudian dimasukan ke oven. Proses pengeringan ini membutuhkan waktu yang lama, bisa sampai 6 minggu lamanya.

5. Memilih  Kayu Jati Yang Tingkat Kelurusannya Sesuai Dengan Kebutuhan.

Apabila akan memilih kayu jati yang kemudian akan  digunakan untuk membuat  sesuatu yang lebar dan lurus berbidang mebel, seperti: lemari ataupun meja,disarankan memilih  kayu gelondong yang lurus. Namun apabila kayu yang akan akan digunakan untuk membuat mebel yang memiliki banyak lengkungan, alangkah baiknya memilih kayu yang bengkok. Hal ini sangat penting agar kita bisa memaksimalkan kayu yang sudah dibeli agar tidak banyak yang terbuang.

6. Membeli Dari Tempat Yang Sudah memiliki Izin resmi.

Kita ketahui bahwa kayu jati tidak boleh sembarang ditebang, karena hanya perum perhutanan yang satu-satunya perusahaaan dari pemerintah yang mengeluarkan izinya. Mekanisme yang cukup sulit jika ingin melakukan penebangan membuat banyak yang mengabaikannya.  Biasanya harganya akan lebih murah ketika membeli ditempat yang tidak resmi, namun kita harus tetap memilih dan membeli di tempat yang memiliki izin, karena dengan begitu kita ikut menjaga hutan jati.

Source : Cornelia Aprillia


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close