People Innovation Excellence
 

P2M (Pengabdian Pada Masyarakat) 2018

P2M

     Pada Juni 2018, 3 Himpunan Sastra yang terdiri dari Sastra China, Sastra Jepang, dan Sastra Inggris mengadakan kegiatan P2M. Kegiatan P2M ini merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan P2M yang kita lakukan adalah mengajar di Paud Maya Asri 13. Kita mengajar sesuai dengan jurusan sastra masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari.

Hari pertama (5 Juni 2018)

     Kegiatan mengajar dimulai dari jam 16:00-17:10. Sebelum mulai mengajar kami ada sesi briefing untuk membahas materi yang akan diajarkan kepada anak-anaknya. Setiap anak yang ada di Paud Maya Asri 13 memilih sendiri pembelajaran yang diinginkan.

     Pada hari pertama ini mahasiswa Sastra China mengajarkan tentang Pinyin dan Shengdiao. Agar anak –anak nya bisa mengerti dengan baik, pada bagian ini kita mengajarkan Pinyin dan Shengdiao untuk perkenalan diri terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan kata sapaan untuk menyapa teman dan ucapan terima kasih dan maaf. Setelah itu kita melakukan tes kepada anak-anak untuk menguji apakah mereka bisa mengikuti dengan baik atau tidak. Sebelum anak-anak pulang kita juga menceritakan cerita rakyat dari China sebagai penutup dari sesi hari pertama. Mahasiswa Sastra Jepang mengajarkan tentang sejarah Negara Jepang, dan mahasiswa Sastra Inggris mengajarkan tentang Negara Inggris.

Hari kedua (6 Juni 2018)

Pada hari kedua, mahasiswa Sastra China mengajarkan tentang huruf Hanzi. Anak-anak diajarkan urutan cara penulisan Hanzi yang benar. Setelah itu mereka diajarkan berhitung, dan sesi terakhir kita menceritakan cerita rakyat dari China sebagai penutup. Mahasiswa Sastra Jepang mengajarkan Katakana dan Hiragana, dan mahasiswa Sastra Inggris mengajarkan huruf alfabet.

Hari ketiga (7 Juni 2018)

Pada hari ketiga, mahasiswa Sastra China mengajarkan tentang nama-nama hewan. Masing-masing anak diberikan kertas fotokopian nya sebagai bahan pembelajaran agar lebih mudah. Fotokopian tersebut juga berisi tentang pembelajaran hari pertama dan hari kedua, jadi mereka tidak perlu khawatir lupa pembelajaran di hari pertama dan kedua. Setelah pembelajaran, mereka diceritakan cerita rakyat China. Mahasiswa Sastra Jepang mengajarkan tentang nama-nama hewan dan makanan Jepang, dan mahasiswa Sastra Inggris mengajarkan tentang nama-nama hewan dan makanan Inggris.

Hari keempat (8 Juni 2018)

Pada hari keempat, mahasiswa Sastra China mengajarkan tentang jam. Dan sesi terakhir kita menceritakan cerita rakyat China. Mahasiswa Sastra Jepang mengajarkan cara herhitung dan jam, dan mahasiswa Sastra Inggris juga mengajarkan tentang cara berhitung dan jam.

Hari terakhir (9 Juni 2018)

Pada hari terakhir, mahasiswa Sastra China mengajarkan tentang anyaman sebagai budaya China. Mahasiswa sastra Jepang mengajarkan tentang origami sebagai budaya Jepang. Mahasiswa Sastra Inggris menunjukkan film Charlotte’s Web sebagai budaya Inggris. Karena ini merupakan hari terakhir P2M, anak-anak yang sudah dengan senang hati mengikuti pembelajaran selama 5 hari ini diberikan sebuah bingkisan sebagai kenang-kenangan, dan juga berterimakasih kepada ibu Paud Maya Asri 13 yang telah mengizinkan kita mengajar di sana selama 5 hari.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close