People Innovation Excellence
 

Bakti Sosial 2018

Bakti Sosial 2018

     Kami Himpunan Mahasiswa Mandarin ( HIMANDA ) akan berbagi pengalaman kami selama menjadi panitia dalam acara bakti sosial , dari mulai perencanaan acara sampai di akhir acara , pengalaman ini berdasarkan dari kegiatan apa saja yang kami lakukan selama kurang lebih satu minggu persiapan.

Tempat kami melakukan kegiatan bakti sosial tidak jauh dari kampus Binus Alam Sutra , tempatnya berada di Panti Asuhan Kasih Sesama Umat yang juga berlokasi di Alam Sutra. Kegiatan bakti sosial ini dilakukan untuk menunjukan bentuk kepedulian sosial kami kepada saudara-saudara sekeliling kami yang masih membutuhkan bantuan dalam bentuk sandang dan pangan.

Kami anggota HIMANDA Binus Alam Sutra beranggotakan 8 orang yang terdiri dari 4 orang anggota panitia dan 4 orang anggota relawan. Satu minggu sebelum hari pelaksanaan dimulai kami telah merencanakan kebutuhan apa saja yang mereka butuhkan dan acara yang akan kami persembahkan di hari h nanti.

Di hari pertama persiapan , kami 4 orang anggota panitia pertama-tama membuat daftar / list terlebih dahulu barang-barang apa saja yang akan kami sumbangkan untuk kegiatan nantinya. Kami menyumbang beberapa makanan dan keperluan sehari hari seperti baju-baju bekas , pampers , beras , nugget dan sosis , garam dan gula , serta susu. Setelah itu kami juga mmebuat susunan acara , acara yang kami jadwalkan akan mulai pada pukul 14 : 00 – 19 : 00 WIB. Susunan acara kami berupa persiapan panitia yang akan berangkat dari kampus , pengambilan barang , perjalanan menuju lokasi , kegiatan penyambutan ketua acara dan beberapa games untuk anak – anak , pembagian sembako , sampai dengan penutupan acara.

Di hari kedua kami mulai mengumpulkan beberapa orang yang nantinya akan ikut menjadi sukarelawan kami di acara nantinya. Kami hanya mendapatkan 4 orang anggota relawan yang ikut. Total menjadi 8 orang. Setelah itu kami juga tidak lupa menjelaskan kepada anggota kegiatan – kegiatan apa saja nantinya dan barang – barang apa saja yang perlu dibeli / dipersiapkan.

Di hari ketiga kami mulai mempersiapkan barang – barang yang akan dibeli dan dipersiapkan agar barang –barang tersebut dapat dikemas dengan rapih. Selain itu kami juga mendata para peserta , siapa saja yang akan membawa kendaraan.

Di hari keempat kami melakukan final checking / pengecekan terakhir , seperti memeriksa barang-barang yang dibeli apakah sudah lengkap atau ada yang rusak.

Di hari kelima kami melakukan kegiatan bakti sosial kami. Kami berkumpul di Binus jam 1 siang untuk beberapa persiapan dan melakukan pemeriksaan akhir lagi. Setelah itu jam 3 kami jalan dari Binus menuju Panti Asuhan Kasih Sesama Umat. Perjalanan lebih kurang memakan waktu sekitar 30 menit dikarenakan kami harus mengambil baju bekas yang tidak dapat dibawa ke Binus. Setelah itu kami sampai dilokasi dan langsung menyambut adik-adik yang gembira melihat kehadiran kami semua. Pertama-tama kami melakukan sepatah kata sambutan hangat dari ketua panitia setekah itu dilanjutkan dengan beberapa permainan yang telah dipersiapkan , tak lama kemudian kami mengajak anak-anak bermain ke taman. Di taman anak-anak bermain dengan sangat gembira , kami selaku panitia juga ikut berbaur dengan mereka agar mereka lebih gembira lagi. Bermain sekitar 1 jam lamanya tak membuat kami terasa bahwa hari sudah mau menjelang malam. Tak juga kami lupa mendokumentasikan segala sesuatu untuk bukti kepada ketua umum bahwa kami sudah melakukan tugas dengan baik. Pada saat malam hari kami baru membagikan barang-barang yang telah kami persiapkan untuk disumbangkan berupa sembako , baju-baju bekas , dan beberapa kebutuhan pokok sehari-hari.

Setelah itu barulah kami membuat laporan pertanggungjawaban dan hasil dokumentasi untuk laporan bakti sosial kami sudah berjalan dengan lancar.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close