People Innovation Excellence
 

CASHLESS

Transaksi non tunai atau Cashless pada saat ini sering digunakan oleh masyarakat di indonesia, hal ini terjadi karena adanya banyak manfaat dan keuntungan dalam penggunaan cashless. Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia menjelaskan, dengan mendorong penggunaan transaksi non tunai dapat menghemat biaya dibandingkan dengan transaksi tunai.

Cashless sangat praktis dan juga efisien, kita dapat melakukan transaksi pembayaran hanya menggunakan smartphone yang kita milikidan banyak promo yang ditawarkan ketika melakukan transaksi menggunakan cahsless. Keuntungan utama dari cashless adalah bahwa seseorang tidak perlu membawa uang tunai dimanapun sehingga, mengurangi kemungkinan pencurian dan mengurangi ketidaknyamanan karena membawa uang tunai dalam jumlah besar, serta memberikan kebebasan dalam melakukan transaksi (misalnya transaksi lebih dari sekali). Keuntungan lain dari transaksi cashless adalah seluruh transaksi akan dilakukan melalui jalur terorganisir yaitu melalui bank dan lembaga keuangan, hal tersebut dapat meningkatkan pendapatan pajak bagi pemerintah untuk kemajuan ekonomi negara.

Kelemahan terbesar dari transaksi  nontunai adalah tidak semua orang memiliki pengetahuan untuk melakukan transaksi digital, sehingga jangkauannya terbatas hanya pada pusat perkotaan dan sekitarnya. Oleh karena itu sangat sulit menerapkan transaksi keuangan nontunai di masyarakat desa yang belum mengetahui teknologi dan sulit mengakses internet. Cara pembayaran digital seperti kartu kredit dan internet banking melibatkan beberapa biaya transaksi yang tidak sesuai dengan transaksi tunai yang dimana setiap individu yang berpikir untuk melakukan transaksi online akan memperhitungkan biaya transaksi ini. Kelemahan lain dari cashless meskipun mudah melakukan transaksi digital namun dibalik itu ada risiko seperti, kehilangan uang, kasus penipuan online dan peretasan rekening bank yang dimana lebih baik melakukan transaksi tunai daripada melakukan transaksi digital.

Sistem cashless sangat bermanfaat untuk individu karena sistem ini sangat nyaman dan praktis untuk semua orang. Jika melakukan transaksi di negara lain, kita juga tidak perlu membawa uang tunai karena sebagian besar transaksi bisa tanpa uang tunai. Manfaat untuk negara sendiri ialah koleksi pajak akan meningkat secara signifikan dan pendapatan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan infrastruktur pembangunan masyarakat, meningkatkan pendapatan negara dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi.

Tantangan untuk Indonesia mengenai cashless adalah sebagian besar populasi masyarakat juga bekerja di sektor yang tidak terorganisir, maka tidak mudah bagi sektor informal untuk menerima perubahan transaksi tanpa tunai. Faktor teknologi memainkan peran penting sehingga solusi paling benar untuk segala kendala tersebut adalah memaksimalkan jaringan internet dan literasi keuangan sampai ke pelosok daerah. Oleh karena itu, pemerintah harus mengambil langkah yang tepat dalam mendorong ekonomi tanpa tunai dengan memperluas jaringan internet serta menurunkan segala biaya yang muncul yang membuat masyarakat semakin nyaman dalam menggunakan sistem cashless. Untuk mendorong minat masyarakat dalam transaksi nontunai, salah satu caranya adalah memberikan pilihan potongan atau hal menarik lainnya jika menggunakan cashless, misalnya dalam membeli polis asuransi, bensin dan tiket kereta api.

Indonesia sedang bergerak menuju masa depan tanpa uang cash atau cashless dengan fakta yang cukup percaya diri dengan penggunaan pembayaran digital. Perpindahan menuju masa depan cashless ini juga didukung oleh meningkatnya jumlah masyarakat mengetahui sistem digital di Indonesia. Untuk semua tantangan kekurangan, semua kembali lagi pada kebiasaan kita dalam melakukan transaksi serta bagaimana kita membiasakan diri untuk lebih teliti dan waspada. Intinya, cashless society tidak bisa kita hindari terutama jika melihat perkembangannya secara global. Jadi, mulai sekarang alangkah baiknya jika kita mulai membiasakan diri dan lebih teliti serta waspada dalam bertransaksi.

Divisi Sport & Social

HIMPUNAN MAHASISWA AKUNTANSI

DAFTAR PUSTAKA

https://finance.detik.com/moneter/d-4303835/marak-transaksi-cashless-apa-saja-kelebihannya?_ga=2.213612756.1136952619.1564317931-160283896.1544160111

https://www.compfest.id/blog/kelebihan-dan-kekurangan-di-dunia-cashless-society/

https://id.investing.com/analysis/apa-itu-cashless-society-di-era-teknologi-200210754

https://www.cermati.com/artikel/plus-dan-minus-cashless-di-indonesia-dan-upaya-perbaikan-yang-perlu-ditingkatkan

https://yooreka.id/take-a-break/cashless-society-cita-cita-masa-depan-transaksi-non-tunai/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close