People Innovation Excellence
 

BINUS NATIONAL ACCOUNTING TOURNAMENT IX

Almira Rahma Saphyra – 2101643166

Selasa, 2 Oktober 2018 Himpunan Mahasiswa Akuntansi BINUS University telah mengadakan pembukaan acara Binus National Accounting Tournament atau biasa disingkat BNAT. BNAT sendiri merupakan sebuah kegiatan perlombaan tingkat nasional berhubungan dengan mata kuliah akuntansi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi BINUS University setiap 2 tahun sekali. Tahun 2018 ini ke-9 kalinya BNAT diselenggarakan dengan mengangkat tema “Challenge Your Accounting Skill to Compete in Technology Era” yang diadakan pada tanggal 2-4 Oktober 2018 ini. Pada Selasa, 2 Oktober 2018 merupakan rangkaian pembukaan acara BNAT IX yang diadakan di BINUS University, Main Campus Alam Sutera. Acara ini diawali dengan Technical Meeting untuk para peserta BNAT IX dimulai pada pukul 09.00 WIB. Sesi Technical Meeting ini dibuka oleh sambutan dari pihak-pihak yang berkepentingan, dilanjutkan dengan penjelasan peraturan lomba dan sistematis seluruh kegiatan yang akan dilakukan. Sesi ini pun dilaksanakan dengan tertib dan lancar .Di akhir sesi ada hiburan penampilan dari V & Bee. Setelah sesi ini para peserta diberikan waktu bebas hingga pukul 14.45 WIB untuk melanjutkan sesi berikutnya yaitu Talkshow.

Acara selanjutnya adalah talkshow dengan tema “Mengembangkan Potensi Akuntansi di Era Financial Technology. Tepat pukul 14.00 WIB dibuka registrasi ulang untuk peserta talkshow, pengecekan registrasi KYC, serta pemberian merchandise. Kemudian, pukul 15.00 WIB setelah seluruh peserta talkshow termasuk para peserta lomba berkumpul di Aula lantai 3 Binus University, Main Campus Alam Sutera untuk mengikuti rangkaian acara talkshow. Talkshow kali ini diisi oleh 2 pembicara yang memiliki banyak pengetahuan seputar akuntansi dan tentunya sangat berpengalaman dibidangnya. Salah satunya adalah adalah Bapak Arno TSE selaku Senior Vice President GO-PAY, beliau diberikan kesempatan untuk memberikan materi terlebih dahulu seputar GO-PAY yang merupakan bergerak di bidang financial technology. Setelah itu pemberian materi dilanjutkan oleh Bapak Felix Liusri, S.E., M.M. perwakilan dari Trier Consulting mengenai peran atau sikap akuntan dalam era financial technology ini. Selama pemberian materi dari para pembicara seluruh audience terlihat menyimak dan aktif ketika sesi tanya jawab, sehingga acara talkshow ini telah berjalan dengan baik dan lancar hingga akhir. Pada akhir sesi merupakan pemberian plakat dan sertifikat kepada para pembicara oleh pihak panitia dan perwakilan jurusan. Setelah pembubaran peserta talkshow, para peserta diberikan sertifikat talkshow yang berjalan dengan teratur.

Demikian rangkaian acara hari pertama BNAT IX yang diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi para peserta lomba, maupun peserta talkshow.

Pada hari kedua pada Rabu, 3 Oktober 2018 Lomba babak 1 & 2 dilaksanakan di BINUS University, Kampus Anggrek. Seluruh peserta berkumpul di ruang 602 untuk melakukan lomba babak 1 yaitu mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 75 soal dan dikerjakan secara individu. Lomba babak 1 ini dimulai pada pukul 09.00-10.00 WIB dan berjalan dengan baik serta sesuai sistematis yang ada. Selanjutnya, peserta diberikan waktu untuk istirahat dan kembali kedalam ruangan di 602 pada pukul 10.30 WIB untuk pengumuman lomba babak 1 dan pengumuman ruangan babak 2 yang dibagi menjadi 2 rungan yaitu di ruang 303 & 309. Lomba babak 2 dimulai pada pukul 11.00 WIB, di babak ini peserta diminta untuk mengerjakan satu soal kasus (Laporan Keuangan secara lengkap) dan dikerjakan secara estafet dengan timnya dan berakhir pada pukul 12.15 WIB. Setelah itu peserta melakukan ISHOMA  dan berkumpul kembali pukul 13.15 WIB untuk pengumuman lomba babak 2. Peserta yang lolos akan lanjut ke lomba babak 3 pada hari esoknya.

Kamis, 4 Oktober 2018 merupakan hari terakhir pelaksanaan BNAT IX yang diadakan di BINUS University, Main Campus Alam Sutera. Para peserta yang lolos dari babak kedua, melanjutkan lomba babak ketiga dimulai pada pukul 11.00 WIB dan dibagi menjadi 2 ruangan yaitu di ruang A1703 & A1706. Pada babak ketiga ini, peserta akan melakukan cerdas cermat dengan tim peserta lainnya. Lomba babak ini selesai pada pukul 12.30 WIB dan berjalan sesuai sistematis, kemudian peserta yang lolos babak 3 diundi untuk menentukan topik dan urutan acara berikutnya yaitu Final Presentation. Setelah itu, para peserta diberikan waktu untuk ISHOMA hingga pukul 13.30 WIB, final presentation ini diikuti oleh peserta yang lolos dan bagi peserta yang tidak lolos diminta untuk hadir saat final persentasi. Sebelum final persentasi para peserta diberi waktu untuk menyiapkan materi selama 30 menit dan materi dikumpulkan kepada pihak panitia. Final persentasi diadakan di Auditorium Binus Univesity, Main Campus Alam Sutera Alam Sutera pada pukul 13.30 WIB yang dihadiri oleh seluruh peserta dan juri. Peserta babak final secara bergantian mempresentasikan hasil dari diskusi bersama timnya kepada para juri dengan diberi waktu 7 menit persentasi dan 8 menit untuk tanya jawab. Setelah babak final seluruh peserta istirahat dan mempersiapkan diri untuk galadinner.

Pada pukul 18.30 WIB diadakan galadinner di Aula lantai 3 BINUS University, Main Campus Alam Sutera. Galadinner ini diikuti oleh seluruh peserta, panitia, serta para perwakilan jurusan. Acara ini dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua BNAT IX, ketua HIMA 2018, dan perwakilan jurusan akuntansi. Dilanjutkan dengan makan malam bersama dan diiringi live music yang dinikmati oleh seluruh tamu undangan. Setelah sesi makan malam tiba, saatnya untuk pengumuman pemenang lomba BNAT IX serta pemberian piala dan sertifikat untuk para peserta. Para pemenang lomba BNAT IX, yaitu Juara 1 diraih oleh tim dari Universitas UMN 1, Juara 2 diraih oleh tim dari Universitas UPH 1, dan Juara 3 diraih oleh tim dari Universitas Bakrie.

Demikian rangkaian acara BNAT IX 2018 kali ini, Selamat kami ucapkan kepada para pemenang dan jangan patah semangat bagi peserta yang tidak lolos terus mencoba dilain waktu. Terimakasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam menjalankan acara ini, diharapkan BNAT IX 2018 ini dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi semua pihak dan menjadikan pengalaman serta evaluasi untuk acara BNAT berikutnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close