People Innovation Excellence
 

Bertransaksi melalui Tabungan Digital

Muhammad Khalid Azka / 2101702004

Sumber : https://kreditgogo.com/artikel/Tabungan/Kenali-Jenis-Tabungan-Digital-di-Indonesia.html

Pada era yang praktis ini dan seiring berkembangnya teknologi, banyak kemudahan dan kepraktisan yang diciptakan oleh tangan-tangan kreatif manusia. Seperti dalam dunia keuangan. Apa contohnya? Yuk mari kita baca artikel dibawah ini.

Kemudahan Bertransaksi Melalui Tabungan Digital

Tabungan digital memiliki kesamaan dengan tabungan biasa atau konvensional, dimana tujuannya untuk menyimpan uang yang disetor oleh nasabah. Hanya saja, teknologi yang digunakan untuk tabungan digital lebih canggih, dikarenakan telah menggunakan teknologi terkini yang berbau digital. Nasabah yang ingin melakukan proses transaksi, mengetahui jumlah saldo, dan melakukan transfer, cukup buka dengan web browser atau aplikasi dari bank yang bersangkutan. Setelah itu, nasabah dapat melakukan transaksi apapun yang ia mau. Proses transaksi dengan tabungan digital akan dapat dilakukan jika nasabah memiliki koneksi internet. Tanpa adanya koneksi internet, proses transaksi akan terhambat. Sistem pelayanan yang diberikan pada tabungan digital telah disesuaikan dengan ketetapan perbankan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga tidak ada yang namanya fitur atau pelayanan yang melenceng.

Bagaimana cara membuatnya?

Pembukaan rekening tabungan pada tabungan digital sama dengan tabungan konvensional, dimana calon nasabah perlu mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Akan tetapi, pengisian formulir pendaftaran dan syarat pendaftaran tabungan digital tidak perlu dilakukan di Bank. Apa saja persyaratannya?

Berikut Persayaratannya:

  • Buka alamat website dari Bank yang menyediakan layanan tabungan digital
  • Setelah itu, muncul pengisian formulir pendaftaran. Isilah seluruh kolom di formulir pendaftaran dengan benar
  • Selanjutnya, calon nasabah perlu melampirkan bukti identitas diri agar proses pembuatan rekening disetujui oleh Bank. Adapun identitas yang dilampirkan, seperti KTP / SIM / Paspor, dan NPWP
  • Kirimkan formulir yang telah diisi tadi, tunggu beberapa saat sampai mendapat kode verifikasi dan nomor akun virtual
  • Masukkan kode verifikasi dan nomor akun virtual untuk mengisi jumlah setoran awal. Poin ini opsional saja, karena sebagian Bank tidak mengharuskan nasabahnya untuk mengisi rekening saldo tabungan awal secara online
  • Cek email yang digunakan pada proses pengisian formulir tadi. Apabila telah menerima notifikasi dari Bank yang bersangkutan, itu tandanya pembuatan rekening tabungan digital sukses. Untuk pengambilan ATM dan buku tabungan bisa langsung mendatangi kantor cabang Bank terdekat. Jika tidak punya banyak waktu, tunggu hingga Bank yang bersangkutan mengirimkan ke alamat Anda

Gimana, bacanya seru kan? Ada lagi loh fakta menariknya… Yuk baca lagi!

Kelebihan menggunakan Tabungan Digital dibandingkan menggunakan Tabungan Konvensional

  • Mekanisme pembukaan rekening tabungan yang cukup simpel dan praktis. Hanya dengan meraih gadget, anda bisa mendaftar secara online dengan bantuan koneksi internet.
  • Nasabah bebas menetapkan tenggang waktu berlakunya tabungan digital, baik untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang. Uang yang telah ditabung di tabungan digital dapat ditarik saat jatuh tempo dan digunakan untuk berbagai transaksi. Misalnya, pendidikan, jalan-jalan, beli rumah, maupun kendaraan.
  • Bunga yang ditawarkan oleh tabungan digital lebih menggiurkan dibanding tabungan konvensional. Jika tabungan konvensional hanya mampu memberikan bunga sebesar 3% per tahun, maka tabungan digital mampu memberikan bunga 5% per tahun. Suku bunga ini sangat berpengaruh pada pertambahan nilai tabungan. Semakin besar jumlahnya, semakin besar pula keuntungan dari suku bunganya.
  • Tabungan digital memiliki fungsi yang sama seperti tabungan konvensional. Bisa digunakan untuk membayar segala jenis tagihan, seperti biaya listrik, telepon, air, asuransi, transfer, dan bayar cicilan utang.
  • Tabungan digital lebih menghemat waktu, karena semua proses transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan gadget, berbeda dengan tabungan konvensional yang harus dilakukan di mesin ATM.

Gimana teman-teman jadi ingin pindah ke tabungan digital gak? Lebih aman dan praktis kan menggunakan Tabungan Digital…

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/informasi-lengkap-tentang-tabungan-digital


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close