People Innovation Excellence

Dapat Peringkat Investment Grade, RI Akan Banjir Investasi Asing

Bank Indonesia (BI) menilai, naiknya peringkat Indonesia menjadi layak investasi atau investment grade akan berdampak positif bagi investasi di Indonesia. Kenaikan peringkat tersebut akan menjadi pintu bagi masuknya investasi asing ke sektor riil (foreign direct investment/FDI). Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan bahwa selama ini sebenarnya banyak investasi asing yang ingin masuk ke Indonesia. Namun, para investor tersebut membutuhkan penilaian dari tiga lembaga pemeringkatan internasional seperti, Moody’s Investors Service, Fitch Rating dan terakhir Standard and Poors (S&P) untuk memberi, gambaran soal iklim investasi di Indonesia. “Banyak investor FDI yang ingin masuk ke Indonesia tapi menunggu agar 3 lembaga rating utama ini meng-confirm,” ujar Agus Martowardojo di Kantor BI, Jakarta, Senin (22/5/2017). Hal ini juga menjadi peluang bagi para investor dalam negeri untuk bekerja sama dengan investor asing di bidang ekonomi.

Namun demikian, Agus berharap, investasi asing yang masuk tersebut bisa mengisi sektor industri yang selama ini belum ada di Indonesia. Dengan demikian, barang-barang yang biasanya harus diimpor bisa dipenuhi dari dalam negeri. “Diharapkan FDI yang masuk ke Indonesia ini bisa mengisi bagian dari sektor industri yang belum cukup terisi untuk lengkapi pohon industri di Indonesia. Kita masih ada impor yang banyak, itu komoditi yang belum diproduksi di Indonesia. K‎alau FDI bisa masuk itu akan baik,” kata dia.‎ Selain itu, dengan adanya investasi asing yang masuk,  nantinya juga bisa membuka lapangan kerja di dalam negeri sehingga tingkat pengangguran di dalam negri menurun dan tingkat ekonomi warga berangsur meningkat serta berorientasi ekspor. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak hanya bergantung pada sektor konsumsi saja. “Kita tentu harapkan FDI yang orientasi bisa perbaiki ekspor Indonesia. Kita harapkan ekonomi bukan hanya andalkan konsumsi dan ekspor bahan mentah tapi diharapkan bisa didukung oleh industrialisasi orientasi ekspor. Kita harapkan FDI ini memberikan lapangan kerja yang luas dan tidak hanya berorientasi di Jawa tapi di luar Jawa,” tandas Agus.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : http://bisnis.liputan6.com/read/2960796/dapat-peringkat-investment-grade-ri-bakal-banjir-investasi-asing

                                                                                                                                                     

Written by :

Rizky Rifani A.P – 2001572194

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close