People Innovation Excellence
 

Apa yang Ingin Dilakukan Setelah Sarjana?

Mau Ngapain Setelah Sarjana?

Itu adalah pertanyaan yang kerap kali ditanyakan oleh sebagian orang kepada orang – orang yang baru saja lulus dari sebuah Universitas, setelah diwisuda dan telah lulus sebagai sarjana disini adalah tahap awal kehidupan anda sebagai manusia dewasa. Anda dituntut untuk menjadi seseorang yang mandiri dan mampu untuk mencakupi kebutuhan anda sendiri.

Terlepas dari hal yang berbau tentang wisuda, yang ada dipikiran anda adalah, apa yang ingin dilakukan setelah wisuda? Banyak dari kalangan muda sekarang yang langsung melanjutkan pendidikan Pascasarjana. Memang saat ini gelar sarjana saja seringkali tidak cukup untuk memenuhi kriteria yang dibutuhkan suatu perusahaan. Semakin banyak penilaian yang diinginkan suatu perusahaan, seperti pemilikan sertifikat tertentu atau ketrampilan khusus sehingga kalian dituntut untuk melanjutkan belajar lagi.

Melanjutkan pendidikan  juga merupakan salah satu pilihan untuk meningkatkan kualitas diri dalam mempermudah mencari pekerjaan yang diinginkan. Nah, apa sih Program Pasca Sarjana yang paling sesuai atau yang biasa diambil oleh lulusan Akuntansi? Pilihan yang paling lumrah saat ini ada diantara Magister Akuntansi (Maksi) dan Magister Manajemen (MM). MM tergolong pilihan yang paling klasik di Indonesia karena program S2 ini begitu populer dan diambil oleh sebagian besar orang dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. Mau praktisi, akademisi, politisi, pejabat, manajer, akuntan, bahkan dokter dan insinyur pun banyak yang bergelar MM, saking populernya.  Untungnya sekarang ada pilihan spesifik untuk S1 jurusan Akuntansi yang ingin melanjutkan study ke Strata-2 (S2), yakni Magister Akuntansi (Maksi) yang ditawarkan oleh hampir semua Fakultas Ekonomi di Indonesia.

Adapun  Maksi ini tergolong program baru untuk S2 Akuntansi dan menawarkan 2 macam konsentrasi, yaitu: (a) Maksi konsentrasi riset (untuk peneliti dan akademisi); (b) konsentrasi practical (untuk praktisi). Walaupun Magister Akuntansi ini belum sepopuler Megister Manajemen tapi Maksi dapat anda jadikan sebuah pilihan untuk melanjutkan study kejenjang Pasca Sarjana anda.

Ditulis oleh: Farah Kusuma


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close