People Innovation Excellence
 

STUDI BANDING BINUS UNIVERSITY DAN UNIVERSITAS ATMAJAYA YOGYAKARTA

Pada hari Senin, 28 Maret 2016 dilakukan acara Studi Banding Himpunan Mahasiswa Akuntansi yang diwakilkan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) Binus University dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (HMPSA) Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Studi Banding (comparison study) adalah sebuah konsep belajar yang dilakukan di lokasi dan lingkungan berbeda yang merupakan kegiatan yang lazim dilakukan untuk maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan peraturan perundangan, dan lain-lan. Studi banding ini dilakukan dengan maksud mengetahui himpunan satu sama lain, mulai dari divisi, program, kinerja, dan lain sebagainya.

Hari itu acara Studi Banding dibuka dengan pembawa acara yang berasal dari kedua belah pihak yaitu, Zsia Aisha Zein (HIMA Binus) dan Yoseph Manuel (HMPSA UATJ). Setelah acara dibuka oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua masig-masing himpunan yaitu Cakra Gumilar Karna Saputra (Ketua HIMA BINUS) dan Raditya Dwiswastiastu (Ketua HMPSA UATJ). Selanjutnya adalah presentasi tentang masing-masing himpunan yang dilakukan oleh masing-masing ketua himpunan, diawali dengan HIMA. Cakra sebagai ketua hanya menjelaskan HIMA secara garis besar dan sistem pergerakan HIMA di BINUS jika ingin menyelenggarakan sebuah acara. Lalu Cakra mempersilahkan setiap ketua/wakil dari masing-masing divisi untuk menjelaskan dengan rinci tugas dan program kerja dari divisi mereka.

Dimulai dari divisi pertama yaitu Organization Department Development (ODD) yang dijelaskan oleh William Bimantara (Wakil ODD), ODD adalah sebuah divisi yang mengatur setiap kegiatan internal di HIMA mulai dari acara TKH (Temu Keakraban HIMA), Requirement Aktivis, hingga acara Serah Terima Jabatan. Lalu Intelctual Department Development (IDD) yang diwakilkan oleh Frida Safira Utami (Wakil IDD) yang menjelaskan tugas divisi IDD sebagai divisi yang mengawasi setiap progres akademik anggota HIMA dan menyelenggarakan acara yang berhubungan untuk meningkatkan intelektual anggota HIMA dan seluruh mahasiswa akuntansi Binus. Public Relation (PR) yang dijelaskan oleh Diva Nabila Arumsari (Ketua PR), tugas divisi PR disini adalah untuk mencarikan sponsor bagi setiap acara HIMA yang membutuhkannya juga menjadi perwakilan HIMA untuk berbicara dieksternal HIMA. Creative and Bussines (CnB) yang diwakilkan oleh Elfira Junica (Ketua CnB), disini El menjelaskan tugas dari divisi CnB adalah bertanggung jawab setiap pernak-pernik yang dipakai oleh anggota HIMA , seperti jaket, pin, dll. Divi yang terakhir adalah Sport and Social (SnS) yang dijelaskan oleh Zulfachrul Adjie (Ketua SnS) yang menjelaskan bahwa tugas mereka berhubungan dengan olahraga dan kegiatan sosial seperti futasal setiap minggu, CFD, dll.

Setelah semua divisi menjelaskan setiap program kerjanya, dilanjutkan oleh presentasi dari pihak HMPSA, namun kali ini bukan Radityalah yang menjadi presentator, melaikan tiga orang yang digandang sebagai calon ketua HMPSA diperiode selanjutnya. Ketiga orang itu menjelaskan hal yang sama seperti divisi apa saja yang ada di HMPSA, program kerja dan lain-lain. Sesudah itu dibukalah sesi tanya jawab, para peserta sangat berantusias pada sesi ini. Dari pihak HIMA maupun HMPSA banyak yang melontarkan pertanyaan yang berkaitan dengan presentasi dari masing-masing himpunan.

Setelah sesi tanya-jawab ditutup, masing-masing ketua himpunan memberkan kenang-kenangan berupa plakat sebagai tanda persahabatan dari HIMA dan HMPSA. Acara ini ditutup dengan Campus Tour dan sesi dokumentasi. IMG_20160328_194013Terimakasih kepada HMPSA UATJ yang sudah menyempatkan hadir ke Binus dan bertemu dengan HIMA. Semoga kita dapat bertemu di lain kesempatan

 

Ditulis oleh Zsia Aisha Zein


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close