People Innovation Excellence
 

KESIAPAN MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DALAM PERSPEKTIF MAHASISWA

Masyarakat ekonomi ASEAN merupakan sebuah peradaban dimana ingin menghilangkan segala hambatan geografis yang ada ketika ingin melakukan hubungan yang terpusat dalam bidang ekonomi. Dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean tentunya akan memudahkan masyarakat Indonesia yang ingin bekerja secara global. Akan tetapi disitulah muncul titik persaingan karena saat ini bisa saja menjadi lahan kerja milik semua orang.

Indonesia sebuah Negara kepulauan yang memiliki sumber mata pencaharian dari banyak penduduk tentunya memiliki keahlian masing – masing untuk dikembangkan. Masih banyak peluang yang ada di Negara ini dan tentunya menjadi target oleh perusahaan dan pekerja asing untuk bisa bekerja di Indonesia.

Sebelumnya, jika ingin bekerja diluar negeri pastinya membutuhkan izin kerja yang lumayan sulit untuk mengurusnya. Akan tetapi, dengan adanya MEA akan memudahkan keluar masuk pekerja untuk dapat bekerja selama masih dalam regional ASEAN. Mudahnya untuk bekerja dimanapun selama masih dalam ruang lingkup ASEAN seperti yang dijelaskan diatas akan menimbulkan persaingan yang tinggi dan disinilah kita dituntut untuk bisa bekerja secara lebih dan lebih.

Sebagai seorang mahasiswa, untuk menghadapi MEA yang sudah dimulai tahun 2015 tentunya harus mempersiapkan diri secara matang dan benar – benar menguasai bidang yang memang ingin digeluti nanti, persaingan kedepannya akan semakin tinggi dan harus meningkatkan standarisasi dalam diri masing – masing. Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang sudah ada, sebagai mahasiswa harus menggali ilmu yang lebih lagi karena jumlah lapangan kerja yang tersedia tidak sebanyak dengan jumlah lulusan per tahun yang ingin mencari kerja.

Dengan adanya MEA janganlah dijadikan beban untuk mencari kerja, sebagai mahasiswa kita harus membuat asumsi bahwa pintu kesuksesan baik ke dalam maupun keluar Negeri sudah terbuka lebar. Hambatan yang ada terutama dalam masalah perizinan dan juga geografis, sedikit demi sedikit mulai tersingkirkan. Persaingan yang ada akan membuat kita semakin terpacu dan semakin baik lagi. Masyarakat Indonesia haruslah siap menghadapi MEA karena akan membawa kita kearah yang lebih baik lagi.

 

Dibuat oleh : Diva Nabila Arumsari


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close