People Innovation Excellence

TIPS AGAR PRESENTASI MU SUKSES !

By : Fatrin & Silvi

Kemampuan presentasi adalah salah satu keterampilan yang perlu diasah untuk bisa membuat seseorang berbicara di depan umum dengan lancar dan terbebas dari serangan “demam panggung”. Namun kemampuan tersebut berbeda-beda bagi setiap orang. Tak jarang banyak ide-ide besar, unik dan menarik menjadi tidak bisa direalisasikan karena seseorang gagal dalam mengkomunikasikan ide tersebut pada saat presentasi. Banyak orang yang mendadak tidak dapat berfikir setelah maju kedepan dan menghadapi tatapan mata audience. Hal ini mungkin saja disebabkan karena kurangnya persiapan. Berikut beberapa tips sukses presentasi :

  1. Kuasai Materi Presentasimu

Kuasai materi presentasimu dengan sedalam-dalamnya. Bahkan kamu bisa memperkirakan atau menebak  pertanyaan apa saja yang mungkin akan di ajukan oleh teman-teman mu. Dengan penguasaan materi yang matang, kamu sebagai pembicara juga akan tampil semakin percaya diri dan nyaman dengan apa yang kamu bicarakan.

  1. Jiwai Materi yang Akan Dibawakan

Membawakan presentasi tidaklah sama seperti membacakan puisi, kamu tidak perlu menghafal materi yang akan dibawakan, setiap presentasi membutuhkan 2 hal, yakni harus hidup dan memiliki energi. Hal ini akan diperoleh jika kamu menjiwai materi yang anda bawakan. Jadi jangan pernah mencoba untuk menghapal mati presentasi mu, cobalah untuk berbicara santai dan biarkan mengalir begitu saja.

  1. Tunjukkan Antusiasme-mu dan Salurkan Semangatmu

Agar pendengar tidak mengantuk sepanjang sesi presentasi, cobalah untuk menunjukkan semangat selama menyampaikan materi presentasi. Cobalah gunakan bahasa tubuhmu. Selain terlihat lebih bersemangat dan menarik perhatian, kamu juga akan lebih rileks loh.

  1. Tampilan Slide yang Menarik dan Sederhana

Tampilan slidemu juga akan berpengaruh loh untuk kesuksesan presentasimu. Buatlah tampilan mu semenarik mungkin,  dan usahakan didalam slide mu, kamu  hanya mencantumkan poin poin pentingnya saja. Kamu juga akan lebih leluasa untuk berimprovisasi.

  1. Latihan dan Simulasi

Cobalah untuk berlatih presentasi mu sehari sebelum kamu tampil. Coba untuk berbicara senyaman mungkin didepan kaca dan anggap kamu berbicara didepan audience mu.

Nah itu dia tips tips sukses presentasi. Satu tips yang paling penting lagi. Jangan lupa berdoa sebelum melakukan presentasi. Semua tak akan berjalan lancar tanpa bantuan yang maha kuasa. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sumber


Published at : Updated
Written By
Silviani Aprilia
Divisi HC Engagement Manager | 2019
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close