People Innovation Excellence
 

Legenda Dewi Bulan – Chang E

Sumber Gambar : https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjE49b99uPhAhXr7XMBHXmLCAIQjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fwww.kejadiananeh.com%2F2015%2F03%2Fkisah-dewi-bulan-dengan-pemanah-matahari.html&psig=AOvVaw0ClGsmN9suffEx5FWWAq7I&ust=1556029394130546

Chang’e (嫦娥) adalah Dewi Bulan Mitologi Tiongkok. Ia menjadi dewi setelah minum ramuan panjang umur yang didapat dari suaminya Hou Yi.

Sebelum Chang’e menjadi dewi, bumi dipenuhi dengan sepuluh matahari. Rakyat tersiksa atas panasnya dunia. Hou Yi, sang pemanah legendaris akhirnya memanah sembilan dari sepuluh matahari. Ia kemudian menjadi terkenal dan lupa akan istrinya Chang’e. Karena jasanya Hou Yi diberikan ramuan panjang umur yang akhirnya diminum oleh Chang’e.

Versi lain mengatakan seorang abdi Hou Yi iri akan pencapaian dan popularitas pemanah itu. Abdi itu mencoba mencuri ramuan panjang umur Hou Yi. Saat itu pencurian itu terhenti karena Chang’e yang berusaha menyelamatkan ramuan itu. Karena terdesak ia akhirnya meminum ramuan panjang umur itu sampai habis dan terangkat ke bulan. Sejak itu ia menjadi Dewi Bulan Mitologi Tiongkok.

 

Sumber Penulisan/Daftar pustaka : https://id.wikipedia.org/wiki/Chang%27e


Published at :
Written By
Frisvika
Activist BNMC | BNMC
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close