People Innovation Excellence
 

Uniknya Sumpit di Negara Tiongkok, Korea dan Jepang

Sumber Gambar :

https://food.detik.com/info-kuliner/d-3546913/beda-panjang-dan-bahan-sumpit-jepang-korea-dan-china-punya-makna-tersendiri

 

Sumpit adalah alat makan yang berasal dari Asia Timur, berbentuk dua batang kayu sama panjang yang dipegang diantara jari-jari salah satu tangan. Sumpit digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, dari piring satu ke piring lain atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Sumpit biasa terbuat dari bahan bamboo, logam, gading dan plastik yang permukaannya sudah dihaluskan atau dilapisi pernis atau cat supaya tidak melukai mulut dan terlihat bagus.

Saat memasuki restoran Tiongkok, Korea dan Jepang,  kita akan menemukan salah satu alat makan khas yaitu sumpit. Namun sumpit di negara tersebut memiliki perbedaan baik dari segi bentuk maupun sejarahnya.

  1. Sumpit Tiongkok atau Kuazi

Ciri – ciri :

– Panjang dan berbentuk persegi panjang

– Bulat kadang bentuknya cenderung lebar

– Ujung sumpit tumpul

– Mayoritas terbuat dari bahan bamboo

Sumpit ini lebih tebal dibandingkan sumpit Korea dan Jepang. Sumpit ini didesain khusus untuk mengambil makanan berbentuk bulan dan kecil, seperti nasi dan kacang-kacangan. Sumpit ini lebih panjang memudahkan untuk mengambil makanan yang biasanya dihidangkan di tengah meja untuk dinikmati bersama-sama.

 

  1. Sumpit Korea atau Jeotgarak

Ciri – ciri :

  • Bahan logam atau stainless steel
  • Cenderung licin
  • Bentuk lebih ramping

Pada masa kerajaan di Korea, sumpit terbuat dari bahan emas, perak dan kuningan dipakai oleh kalangan bangsawan. Keluarga kerajaan menggunakan sumpit dari perak untuk mendeteksi racun arsenic pada makanan mereka. Orang Korea biasanya menggunakan dua alat makan yaitu sumpit dan sendok bulat dari logam.

 

  1. Sumpit Jepang atau Hashi/Otemoto

Ciri – ciri :

  • Lebih pendek
  • Ujung sumpit meruncing dan berbentuk bulat

Kebiasaan orang Jepang makan dengan jarak yang begitu dekat dengan mangkuk sehingga sumpit Jepang lebih pendek dibandingkan dengan Tiongkok dan Korea. Ujung sumpit yang lebih lancip dikarenakan orang Jepang gemar memakan ikan sehingga ujung lancip ini memudahkan orang ketika mengambil tulang ikan.

 

Sumber Penulisan/Daftar pustaka : https://id.wikipedia.org/wiki/Sumpit


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close