People Innovation Excellence
 

PAKAIAN TRADISIONAL HANFU

Sumber: https://www.ebay.co.uk/itm/Chinese-Han-Dynasty-Ruqun-Hanfu-Suit-Cosplay-Women-Long-Sleeve-Dress-Costume-Hot-/332026810326

 

          Hanfu (汉服) berarti “Pakaian Han” tetapi sering juga disebut sebagai Hanzhuang ( 漢裝) atau Huafu (華服), merupakan busana tradisional suku Han. Suku Han merupakan suku dengan mayoritas yang telah terkenal di Tiongkok lebih dari 220 tahun sejak era Dinasti Han (202 SM-220 SM) dengan jumlah penduduk terbesar di dunia dengan jumlah penduduk mencapai 91,59 % dari keseluruhan penduduk Tiongkok. Dengan ini, suku Han digunakan untuk menyebut bangsa Tiongkok karena suku Han dianggap telah sukses meletakkan banyak dasar bagi perkembangan kebudayaan, identitas bangsa, ekonomi dan politik selama 400 tahun berkuasa.

          Istilah ini berasal dari Book Of Han yang ditulis oleh Ban Gu yang berisi tentang sejarah Tiongkok klasik yang selesai ditulis pada 111 M. Busana Hanfu sudah digunakan oleh penduduk suku Han sepanjang era kekaisaran dinasti Tiongkok. Hanfu sendiri mempunyai nilai sejarah yang panjang dan memiliki banyak model.

       Pada saat ini, Hanfu dikenakan sebagai pakaian adat tradisional Tiongkok oleh para peminat sejarah Tiongkok. Hanfu juga sering dipakai saat perayaan-perayaan istimewa, seperti pesta pernikahan, hari raya imlek dan lain sebagainya.

          Ternyata satu set Hanfu mempunyai 2 atau 3 lapisan. Dimana lapisan pertama dari Hanfu disebut dengan zhongyi yang merupakan pakaian dalam, seperti kaos oblong dan celana dalam pada pakaian barat. Lapisan kedua adalah lapisan utama yang ditutup didepan. Dan, lapisan ketiga bersifat opsional, seperti mantel yang biasanya disebut dengan zhaoshan yang terbuka dibagian depan serta untuk alas kakinya dengan menggunakan kaus kaki putih dan sepatu kain yang berwarna hitam dengan sol yang berwarna putih.

 

Sumber: https://www.tionghoa.info/hanfu-busana-tradisional-suku-han-tiongkok/


Published at : Updated
Written By
Lilya Syopiana
Activist
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close