People Innovation Excellence
 

Rahasia China Selalu Unggul dalam Perolehan Medali di Asian Games?

China selalu mendominasi khususnya bidang keolahragaan seperti menjadi juara umum Asian Games 2018 lewat raihan 132 medali emas. Koleksi emas Negeri Tirai Bambu bahkan empat kali lebih banyak dibandingkan dengan negara Indonesia yang berada di tempat keempat. Padahal China sedikit terlambat tampil pada Asian Games di mana debutnya terjadi pada 1974 di Teheran, Iran.

Namun, dalam partisipasi pertamanya, China mengakhiri Asian Games 1974 di peringkat ketiga setelah meraih 33 medali emas. China mulai menegaskan keunggulannya sejak menjadi juara umum Asian Games pada tahun 1982 atau edisi ke-9 yang digelar di New Delhi, India. Setelahnya China sudah sembilan kali keluar sebagai juara umum pada pesta olahraga benua Asia tersebut.

Sumber Gambar : https://sport.detik.com/raket/4186925/china-juara-umum-bulutangkis-asian-games-indonesia-runner-up

Berikut rahasia China mendominasi pada ajang Asian Games dalam 10 edisi terakhir:

  1. Sistem Negara

China memiliki sistem negara sosialis, sehingga semua kebijakan dalam bidang apapun ditentukan oleh negara. Menurut pengamat olahraga dari Universitas Surabaya, Prof. Dr. Hari Setijono, M.Pd, hal itu ternyata mendukung prestasi China di bidang olahraga.”Kalau di Indonesia kan demokrasi. Lah kalau di sana itu kan beda, Sosialis kan? Semuanya ditentukan oleh negara. Kalau semua ditentukan oleh negara, dari sistem pembinaan sampai penganggaran, sampai model apa yang mau dilakukan itu ditentukan oleh negara memang. Kalau di sini kan masih terpecah-pecah,” kata Hari Setijono dikutip BolaSport.com dari Kompas.

  1. Anggaran Dana

Menurut Hari, di China, anggaran dana diberikan kepada masing-masing pihak secara langsung oleh negara. Cara ini dinilai lebih cepat dan efektif tanpa melalui birokrasi yang berbelit-belit. Kemudahan dalam anggaran dana berdampak signifikan pada kemenangan-kemenangan yang didapat oleh China.

  1. Pembinaan Atlet Sejak Dini

China melakukan proses pembibitan atlet sejak usia dini. Hal ini dinilai menjadikan proses pelatihan di negara tersebut berjalan optimal. “China itu memulai latihan benar-benar dari junior. Jadi kalau di Indonesia itu agak berbeda, di Indonesia itu kan memang latihannya kalau di sekolah itu kalau diistilahkan masih multilateral. Tapi kalau di China itu sudah terspesifikasi. Sudah terasah sejak usia dini,” kata Hari.

Hari menyebutkan, proses pembibitan atlet di China berjalan lebih matang.

“Sebetulnya Indonesia sudah benar ya, gak salah di dalam sistemnya: terencana, berjenjang, dan berkelanjutan, itu sesuai di undang-undang, itu ada. Cuma di Indonesia itu pelaksanaannya yang belum bisa begitu (seperti China),” ujar Hari.

  1. China pada Asian Games 2018

Dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games 2018, China mampu mendulang medali emas dari 31 cabor dan disiplin. Renang (19), atletik (12), loncat indah (10), kano (10), wushu (10), menjadi cabang olahraga dengan perolehan medali emas dua digit.Cabor sepi prestasi bagi China itu meliputi bisbol, bola basket, boling, tinju, bola tangan, hoki, jet ski, judo, ju-jitsu, modern pentathlon, paralayang, sepatu roda, rugbi 7 orang, layar, bola voli, triathlon, trampoline gymnastic, sepak takraw, dan squash.Sementara 5 cabor lainnya: Kabaddi, Kurash, Pencak Silat, Sambo, dan Angkat Besi, China tidak menurunkan kontingennya. Nah, itulah beberapa rahasia mengapa China selalu mendominasi bidang olahraga seasia.

 

Sumber : http://suryamalang.tribunnews.com/2018/09/03/mengapa-china-selalu-mendominasi-dalam-perolehan-medali-di-asian-games-inilah-4-rahasianya


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close