People Innovation Excellence
 

Cheongsam

https://picclick.co.uk/Womens-Chinese-Dress-Qipao-Cheongsam-Long-Maxi-Vintage-321663785132.html

長衫 (Cheongsam) merupakan pakaian tradisional di negara Tiongkok yang memiliki arti ‘pakaian panjang’ dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dari dialek provinsi Guangdong (Kanton) di Tiongkok. Cheongsam sendiri memiliki ciri-ciri khusus seperti kerah tinggi, lengan pendek, bagian dada longgar,  selayak di pinggang, dan terbelah di salah satu sisi atau keduanya. Ciri-ciri khusus tersebutlah yang membuat orang yang mengenakan Cheongsam menjadi terlihat sederhana, anggun, mewah dan rapi. Biasanya kita hanya melihat wanita yang mengenakan Cheongsam, namun Cheongsam sebenarnya juga dapat dipakai oleh laki-laki namun namanya berubah menjadi “Changsan ()”.

Asal-usul Cheongsam dimulai ketika bangsa Manchu menguasai Tiongkok (pada masa dinasti Qing), kepala suku bangsa Manchu membuat sistem panji yang merupakan struktur untuk mengorganisasi seluruh keluarga Manchu ke dalam “panji” (qi) dan kemudian disebut dengan “rakyat panji” (qiren). Wanita bangsa Manchu mengenakan pakaian yang lalu dinamakan qipao (旗袍) atau “pakaian panji”. Setelah tahun 1636, seluruh laki-laki Han dalam sistem panji diharuskan untuk mengenakan versi laki-laki dari qipao yang bernama “Changpao (長袍)”.

Revolusi tahun 1911 menggulingkan kekuasaan bangsa Manchu, namun kebiasaan pakaian wanita tetap bertahan. Sekitar tahun 1920 di Shanghai, Cheongsam dimodernisasikan dan menjadi populer diantara selebritas dan orang kalangan atas. Cheongsam juga menjadi pakaian nasional di negara Tiongkok pada tahun 1929. Namun, pakaian ini menjadi kurang populer saat negara komunis menguasai Tiongkok pada tahun 1949 karena pemerintahan komunis ingin menghapus semua ide tradisional, termasuk pakaian, untuk menjadi modern. Kemudian orang-orang Shanghai datang ke Hong Kong (yang dikuasai oleh negara Inggris) dan Cheongsam menjadi populer lagi pada tahun 1950.

Pada mulanya (ketika dikuasai bangsa Manchu), Cheongsam berbentuk lebar dan longgar. Secara tradisional, Cheongsam terbuat dari kain sutra dan memiliki border yang rumit. Zaman sekarang ini, Cheongsam mengikuti model yang telah dimodernisasikan pada sekitar tahun 1920. Bentuk Cheongsam sekarang memiliki variasi yang bermacam-macam, seperti tanpa lengan maupun lengan yang panjang dan dapat terbuat dari berbagai macam kain. Selain bahan dan bentuk yang bermacam-macam, warna Cheongsam pun juga berkembang sehingga dapat ditemukan banyak warna seperti merah muda, kuning, biru, dan lain-lain.

Di Indonesia, baju Cheongsam juga sering digunakan oleh kaum wanita keturunan Tionghoa terutama pada saat menjelang tahun baru Imlek. Tidak hanya itu, Cheongsam juga dapat ditemukan saat acara pernikahan ataupun acara formal lainnya.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

https://www.tionghoa.info/pakaian-cheongsam/

https://www.thoughtco.com/chinese-dress-qipao-687453


Published at :
Written By
Jessica Ivana Poerjoto
Activist of Public Relation | BNMC
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close